Cegah Ancaman Covid-19 Pegadaian Kembangkan Transaksi Digital

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 May 2020

Naskah: Purnomo Foto: Dok. Pegadaian 

 

Kepedulian PT Pegadaian (Persero) untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Sebab, belum lama ini Perseroan memberikan sembako gratis kepada masyarakat yang mengalami persoalan kebutuhan dasar. Tak hanya itu, Pegadaian juga memberikan alat pelindung diri atau APD (protective overall) kepada tim medis sebagai garda depan yang menangani virus yang ganas ini.

 

Memperingati HUT ke- 119 yang jatuh pada 1 April 2020, Pegadaian menggelar acara sosial, yakni membagikan 1.119 paket sembako gratis untuk masyarakat dan 300 APD untuk paramedis rumah sakit Pertamedika Jakarta. Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, perusahaan terus berkomitmen memberikan solusi, hadir untuk negeri dengan produk dan layanan yang dibutuhkan masyarakat sekaligus menjalankan berbagai program CSR yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

 

Dia menyampaikan, bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk nyata kepedulian Perseroan untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. “Kepada masyarakat yang mengalami persoalan kebutuhan dasar diberikan sembako gratis. Sementara, kepada tim medis diberikan bantuan alat pelindung diri,” ujar Kuswiyoto. Bantuan tersebut diharapkan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan para medis untuk menunjang tugas kemanusiaan yang penuh risiko dalam membantu pasien Covid-19.

Hal itu komitmen dari Pegadaian untuk terus mengembangkan digitalisasi dengan menghadirkan produk dan layanan yang inovatif, kompetitif, dan efisien, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Indonesia. Artinya, Pegadaian memberikan layanan secara digital dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Digital secara cepat, aman, dan nyaman serta dapat dilakukan di manapun.

 

Pemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital ini sejalan dengan program social distancing (jaga jarak) untuk meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19). Dengan aplikasi ini nasabah dapat melakukan transaksi Tabungan Emas, Gadai, Pembiayaan Usaha, Beragam Pembayaran serta berbagai informasi harga emas serta lokasi outlet Pegadaian. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Appstore atau Playstore menggunakan telepon pintar.

 

Dengan memanfaatkan aplikasi Pegadaian Digital transaksi berlangsung cepat, akurat, serta aman tanpa harus hadir di outlet-outlet Pegadaian. Transaksi juga dapat dilakukan secara non tunai di gerai ATM Mandiri, BRI, BNI, dan BCA. Terkait tabungan emas, Pegadaian saat ini tengah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan momentum tren harga emas yang terus meningkat di pasar internasional dengan memiliki komoditas tersebut melalui aplikasi Pegadaian Digital.

 

Layanan pembelian emas ini merupakan bentuk nyata Pegadaian dalam mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi karena salah satu investasi yang menjanjikan dan likuid saat ini adalah emas. Sebab, tren positif harga emas diperkirakan akan terus berlanjut dipicu volatilitas yang tinggi di pasar keuangan di Tanah Air dan ketidakpastian ekonomi global.

 

Sementara itu, penguatan harga emas di pasar spot saat ini dipengaruhi oleh sentimen positif dari kebijakan stimulus bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve yang mengambil langkah-langkah mengejutkan di tengah pandemiCovid-19.Kondisiinimembuat emas kembali berkilau karena investor memilih untuk mengoleksi instrumen safe haven, salah satunya logam mulia.

 

Kalau dilihat dari perkembangannya, harga emas terus meningkat di tengah ketidakpastian ekonomi global dan dampak virus Covid-19 yang melanda di banyak negara ini. Sebab, emas menjadi salah satu alternatif investasi yang aman dan likuid serta mudah dijangkau oleh masyarakat. Tren kenaikan harga emas yang positif ini layak untuk dimanfaatkan masyarakat yang berencana melakukan investasi jangka panjang.

 

Sementara ini, harga emas cetakan UBS ukuran 0,5 gram menempati posisi Rp502.000, naik Rp1.000 dibandingkan harga kemarin. Untuk ukuran 1 gram, emas cetakan UBS menjadi Rp951.000. Sedangkan untuk ukuran 2 gram, emas cetakan UBS dibanderol Rp1,879 juta. Harga emas ukuran 5 gram untuk cetakan UBS dibanderol Rp4,658 juta.

 

Selain itu, Pegadaian juga mengimbau agar nasabah dan masyarakat luas untuk terus memanfaatkan layanan aplikasi Pegadaian Digital. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir masyarakat bertransaksi langsung di gerai yang dimiliki BUMN tersebut, guna menghindari penularan infeksi Covid-19.

 

Tak hanya itu, Pegadaian juga membuat kebijakan khusus di tengah serangan virus Corona di Indonesia. Kebijakan ini berlaku bagi seluruh nasabah pegadaian. Tanggal jatuh tempo kredit untuk gadai Kredit Cepat Aman (KCA) dan Rahn 120 hari sejak tanggal kredit. Sementara, untuk kredit mikro dan non gadai sesuai dengan masa waktu perjanjian, mulai dari 6 bulan sampai dengan 60 bulan.