Mobil - Mobil “Berotak” AI

Oleh: Syulianita (Editor) - 22 April 2020

Pabrikan mobil Jepang ini akan memperkenalkan mobil kecil, serupa citycar yang ‘berotak’ AI dengan mengadaptasi autonomous driving. Citycar cerdas buatan Honda ini dikenal dengan Honda NeuV.

 

Mobil ini memiliki berbagai fitur guna mendukung keamanan berkendara, di antaranya mulai dari mengenali tingkat stres dari ekspresi wajah dan suara pengendara, mempelajari gaya hidup dan preferensi pengendara, menyediakan sugesti pada situasi tertentu, serta mewujudkan komunikasi antara pengendara dengan mobilitasnya. Mobil juga memiliki fitur autonomous car sharing. Dengan demikian, pengguna lain hanya bisa mengaktifkan mobil canggih ini atas autorisasi pemiliknya.

 

 

Daihatsu WakuWaku

Inilah satu dari empat mobil konsep yang diluncurkan Daihatsu pada Tokyo Motor Show 2019. Tampilannya mirip mini Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Suzuki, Jimny. Mobil dengan tema “Warm Future Lifestyles” ini memiliki segi tampilan yang terkesan friendly dengan pilihan warna-warna bodi yang memikat. Namun, mampu melibas medan off-road dan pegunungan.

 

Menggendong mesin 660 cc, mobil ini memang dirancang untuk mengakomodasi keperluan kargo untuk piknik, sehingga memiliki interior dan eksterior yang kuat. WakuWaku memiliki enam pintu, meliputi empat pintu samping dan dua pintu belakang--satu pintu bagasi di atap belakang seperti roof box.

 

Suzuki Hanare

Soal mobil konsep, Suzuki memiliki idealisme tersendiri dengan meluncurkan mobil otonom konsep bernama Hanare. Dengan kabin tunggal dan besar, sejatinya Hanare mengusung konsep kendaraan layaknya ruang pribadi yang bergerak.

 

Mobil ini menjawab definisi evolusi mobil di masa depan yang serba efisien dan otomatis dengan sistem robotika canggih dan teknologi kecerdasan buatan. Eksteriornya mengingatkan kita dengan tampang van Volkswagen Combi jadul yang lahir tahun 1950- an. Mengintip interiornya, suasana hommy dan privat

 

langsung terasa. Ada dua tempat duduk lebar pada kedua sisi yang bisa diatur, juga sebuah layar interaktif besar di tengah untuk memberikan perintah rute dan navigasi kepada sistem otonom.

 

Menariknya, Suzuki Hanare tidak memiliki konsep orientasi depan dan belakang layaknya kendaraan pada umumnya. Motor pada masing- masing roda penggerak dapat bergerak ke kiri-kanan dan maju-mundur. Konsep ini memudahkan untuk menavigasi tempat parkir dan bergerak di tempat sempit.