Hati-hati, Ini Gejala Meningitis!

Oleh: Syulianita (Editor) - 09 April 2020

Musisi Glenn Fredly yang meninggal dunia kemarin, diduga mengidap penyakit meningitis.
Apa itu meningitis? 

 

Meningitis adalah keadaan ketika “meninges, yaitu jaringan di antara otak dan syaraf tulang belakang membengkak dan terkena infeksi. Muncul juga bakteremia, yang juga dikenal sebagai infeksi parah dalam darah, dan juga pneumonia.

 

Infeksi ini menjadi semakin parah dengan cepat dan sukar mendapat diagnosis karena terlihat seperti flu misalnya demam, pusing, ngilu persendian, dan leher yang kaku.

 

Lalu, bagaimana seseorang dapat mengidap meningitis?

 

Sejumlah jurnal kesehatan menyebut, umumnya penyebab meningitis adalah akibat infeksi virus dan bakteri. Namun, kemungkinan lain penyakit ini akibat kanker, iritasi kimia, jamur atau parasit dan alergi obat.

 

Beberapa meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri ini dapat menular. Dimana penularannya bisa melalui batuk, bersin, atau kontak dekat.

 

Infeksi bakteri ini juga menular dengan mudah melalui tetesan pernafasan di dalam ruang tertutup, seperti asrama kampus atau kamp musim panas, ketika orang melakukan aktivitas semisal berbagi alat makan, berbagi botol minum apalagi bila berciuman.

 

Disebutkan bahwa mereka yang bertahan hidup dengan meningitis akan menderita dampak jangka panjang. Dengan dampak sampingannya antara lain amputasi lengan, kaki, jari, atau jempol, kemudian terjadi  kerusakan neurologis, tulisan hingga kerusakan ginjal.

 

Karena itulah, pihak pengendali penyakit menular AS (Centers for Disease Control and Prevention, CDC) menganjurkan agar remaja mendapatkan vaksinasi melawan meningococcal meningitis pada usia 11 atau 12 tahun. Lalu diberikan penguat (booster) pada usia 16 tahun. (rud/berbagai sumber, foto: dok. OMG)