7 Peninggalan Nabi yang Menggemparkan

Oleh: Syulianita (Editor) - 17 May 2019

Naskah: Giattri F.P. Foto: Istimewa

 

Keberadaan para Nabi pada zaman dahulu bisa ditelusuri melalui kitab-kitab yang menerangkan beragam kisah kehidupannya. Selain itu, kita bisa melacak benda-benda peninggalan para Nabi yang masih ada hingga saat ini. Inilah 7 peninggalan Para Nabi yang menggemparkan dunia bahkan menjadi incaran para arkeolog.

 

Kapal Nabi Nuh AS (Noah Ark)

Kelompok peneliti dari China yang tergabung dalam Noah’s Ark Ministries International mengumumkan pada April 2010 bahwa mereka telah menemukan sisasisa perahu Nabi Nuh AS yang berada di ketinggian 4.000 m di Gunung Agri atau Gunung Ararat di Turki bagian timur. Para peneliti ini pun berhasil masuk ke dalam perahu tersebut dan mengambil foto dari beberapa specimen. Setelah diteliti, specimen yang mereka ambil berusia 4.800 tahun dan hal itu sangat cocok dengan apa yang digambarkan dalam sejarah. Para peneliti yang berjumlah 15 orang ini juga memamerkan sejumlah fosil kapal yang diduga berasal dari kapal Nabi Nuh AS, seperti tambang, paku, dan pecahan kayu.

 

Istana Nabi Daud AS

Arkeolog asal Hebrew University, Yerusalem, Israel mengklaim dirinya telah menemukan dua bangunan besar yang pernah ditinggali oleh seorang raja. Bangunan tersebut merupakan istana dari Raja Daud (Nabi Daud AS) sebagaimana yang telah dikisahkan dalam sejumlah kitab suci, seperti Al-Qur’an dan Alkitab. Penemuan tersebut telah melalui proses yang sangat panjang. Hampir setahun lamamya arkeolog itu menggali sebuah situs yang diyakini sebagai Benteng Kota Yudea di Shaarayim, yakni sebuah tempat di mana Nabi Daud AS mengalahkan prajurit tangguh Raja Goliat dan akhirnya Nabi Daud AS pun mengalahkannya hanya dengan sebuah ketapel.

 

Tabut Perjanjian Nabi Musa AS

Allah SWT telah mengutus Nabi Musa AS ke langit ke-tujuh dan ketika Nabi Musa AS kembali beliau membawa tabut perjanjian untuk para umatnya saat itu. Pada 1982, Ron Wyatt yang berprofesi sebagai arkeolog mengaku pernah menemukan tabut tersebut di Goa Yeremia Israel, Wyatt mengaku, banyak mengalami kejadian supranatural pada saat menemukan tabut itu. Ia dan anggotanya mengaku tidak berani membuka tabut tersebut.

 

Penemuan Bagian Kereta Raja Firaun di Laut Merah

Dalam kisahnya, dijelaskan bahwa Nabi Musa AS pernah dikejar oleh bala tentara Firaun sampai ke Laut Merah dan atas pertolongan Allah SWT maka dengan tongkatnya Nabi Musa AS mampu membelah lautan dan juga melenyapkan tentara Firaun dalam sekejap. Pada Tahun 1998 silam, seorang arkeolog bernama Ron Wyatt mengklaim dirinya telah menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur kuno di desa Laut Merah yang diduga roda kereta tersebut adalah milik Firaun. Selain menemukan bangkai roda kereta tempur, Wyatt bersama beberapa tim peneliti juga menemukan beberapa tulang manusia dan tulang kuda di tempat yang sama. Penemuan lainnya yang didapat Wyatt adalah ditemukannya poros roda dari salah satu kereta kuda yang telah tertutup batu karang dan ditemukan juga roda dengan empat buah jeruji yang terbuat dari emas. Temuantemuan ini semakin memperkuat dugaan bahwa sisa-sisa kerangka tersebut merupakan bagian dari kerangka kereta tempur bala tentara Firaun yang tenggelam di Laut Merah.

 

Kitab Injil Barnabas

Pada tahun 2013 umat Kristen dihebohkan dengan penemuan Kitab Injil Barnabas yang selama ini di rahasiakan oleh Turki. Injil Barnabas yang diperkirakan berumur 1500 tahun dan memakai bahasa aramik, yakni bahasa yang diyakini digunakan untuk berkomunikasi di zaman Nabi Isa AS. Barnabas sendiri adalah murid pertama Nabi Isa AS. 

 

Situs Peninggalan Nabi Ibrahim AS

Tim Arkeolog asal Inggris mengungkap sebuah temuan yang diyakini sebagai peninggalan Nabi Ibrahim AS. Temuan ini diperkirakan berusia 4.000 tahun dan dianggap sebagai pusat administratif untuk masyarakat sewaktu Nabi Ibrahim AS tinggal di kota tersebut sebelum akhirnya meninggalkan Kan’an. Dengan adanya temuan ini diharapkan akan ada tambahan pemahaman modern tentang terbentuknnya negara pertama di dunia.

 

Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman AS

Salah satu peninggalan para nabi yang menggemparkan arkeolog adalah Candi Borobudur yang diyakini sebagai peninggalan Nabi Sulaiman AS yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah SWT, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah SWT. Serta burung dan jin selalu mematuhi perintahnya. Banyak ulama dan ahli arkeolog mengatakan bahwa Candi Borobudur ini ada ketika zaman Nabi Sulaiman AS, meskipun sampai sekarang masih diperdebatkan oleh sebagian ulama dan para arkeolog lainnya.