Masa Depan Kaltim di mata Rita Widyasari

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 30 March 2017

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. MO

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari merupakan salah satu pemimpin daerah yang termasuk berhasil membangun daerahnya. Di bawah kepemimpinan wanita yang akrab disapa Bunda RW ini, Kukar mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama dalam bidang pendidikan, infrastruktur, kesejahteraan sosial, dan kesehatan.

 

Melalui motto ‘gerbang raja’, Kukar kini telah tampil sebagai kota modern dan bermartabat. Dan itu tak lepas dari peran sang Bupati yang cerdas dan pro rakyat. Sebagai Bupati Kukar, Rita memiliki konsep, visi dan misi yang jelas dalam membangun daerahnya yakni mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berkeadilan. Sehingga masyarakat Kukar dapat terpenuhi hak-hak dasarnya di bidang sosial, ekonomi, dan budaya terutama pangan, sandang, dan papan secara merata. Selain itu, juga memiliki rasa aman dan kepercayaan yang tinggi kepada pemerintah sehingga menikmati kehidupan yang lebih bermutu dan maju.


Tanpa butuh waktu lama, Rita berhasil membangun Kukar. Contoh nyata pada infrastruktur, Rita berhasil mewujudkan jalan dan jembatan di berbagai kawasan sehingga dapat menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat. Kemudian dalam bidang pendidikan, Kukar telah berhasil meningkatkan kapasitas dan kapabilitas guru dengan memberikan mereka kesempatan magang di negara lain. Di samping itu, Rita juga melakukan rehabilitasi sekolah-sekolah yang ada di pedalaman.


Dalam bidang kesehatan, Rita menempatkan program Jamkesda di samping JKN sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Kukar. Dengan kartu Jamkesda, masyarakat Kukar akan mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit yang bekerjasama dengan UPTD Jamkesda, antara lain, RSU AM. Parikesit Tenggarong, RS. Aji Batara Agung Dewa Sakti, Samboja, RS Bontang, RS Aws Samarinda, RS Abdul Moies Samarinda, RS Jiwa Samarinda, RS Kanudjoso Balikpapan, serta PMI Cabang Tenggarong, Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Para peserta Jamkesda Kukar kini bahkan sudah bisa dilayani di beberapa Rumah Sakit rujukan nasional hingga ke luar kota, seperti RSUD Dr Soetomo Surabaya, RS Cipto Mangunkusumo, RS Jantung Harapan Kita, RS Darmais di Jakarta dan RSUD Dr. Wahidin Soediro Husodo Ujung Pandang.


Kemudian dalam bidang pariwisata, Kukar juga turut andil melalui wisata kota Tenggarong yang sudah dikenal di dunia internasional. Tenggarong telah dikenal dengan wisata budaya dan sejarahnya. Bahkan untuk event tahunan Erau, saat ini telah menjadi agenda tahunan internasional yang diminati banyak turis mancanegara.


Kesuksesan Rita dalam membangun Kukar, sepatutnya menjadi contoh bagi para pemimpin daerah lainnya, khususnya para pemimpin kabupaten/kota di Kalimantan Timur, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan propinsi Kalimantan Timur.


Rita pun memiliki harapan besar terhadap wajah Kalimantan Timur. Setidaknya untuk lima tahun ke depan, ia ingin ada perubahan melalui transformasi pembangunan dengan memanfaatkan potensi yang ada, seperti perkebunan, peternakan, hutan, serta perikanan dan kelautan. Selain itu, harapan Rita dalam lima tahun ke depan, Kalimantan Timur akan memiliki daya saing tinggi dengan adanya pemusatan kegiatan industri. Tentunya diimbangi dengan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok-pelosok, terutama pembukaan wilayah-wilayah yang terisolasi.