Keindahan New Zealand

Oleh: Syulianita (Editor) - 20 July 2016

Naskah : Suci Yulianita/berbagai sumber Foto : Istimewa

 

New Zealand bisa menjadi salah satu destinasi tujuan berlibur Anda dan sekeluarga. Negara kecil dengan populasi hanya empat juta orang ini, menawarkan beragam tujuan wisata menarik, mulai dari wisata alam dengan keindahan alamnya yang spektakuler, wisata sejarah dengan museum yang dibalut kemewahan, hingga pengalaman-pengalaman mengesankan lainnya selama berlibur di sini, seperti wisata udara, menyusuri perkebunan anggur, hingga mengunjungi lokasi syuting film The Hobbit. Berikut kami rangkum beberapa tempat wisata di New Zealand yang menjadi favorit para pelancong.

 

 

Pulau Waiheke

 

Oleh lonely planet pulau ini disebut sebagai salah satu dari 10 tempat yang wajib dikunjungi pada 2016. Tak heran jika para pelancong menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan utama jika berkunjung ke New Zealand. Untuk menuju pulau ini, membutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara dengan kapal feri dari pusat kota Auckland. Pulau Waiheke memiliki keindahan alam yang spektakuler, serta menawarkan pengalaman berkesan.

 

Selain keindahan alam, di pulau ini, Anda akan menemukan berbagai galeri cantik dan butik kerajinan kampung halaman para seniman. Anda pun dapat wisata ke perkebunan anggur berkualitas yang mana terdapat beberapa restoran nyaman di sekitar perkebunan tersebut. Anda akan merasakan pengalaman berbeda ketika menikmati anggur sembari melihat keindahan alam berupa lembah berselimutkan tanaman anggur hingga laut biru yang berada di seberang kebun.

 

Bagi yang suka berpetualang, Anda bisa menjelajahi jalur lalu lintas alam pulau yang berkelok melintasi puncak tebing, lalu turun ke pantai hingga ke ceruk hutan asli yang sejuk.

 

 

Gunung Maunganui

 

Gunung Maunganui tertetak di sebuah kota pantai yang menghuni semenanjung di ujung selatan Tauranga Harbour. Berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari Aucland, kota yang berada di pinggir laut ini menjadi tempat paling sempurna untuk berlibur bersama keluarga, apalagi keindahan alam yang dilihat dari puncak gunung Mauao / gunung Maunganui sungguh spektakuler. Gunung berapi tersebut terletak di ujung semenanjung dengan ketinggian 230 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju puncak, Anda bisa melaluinya dengan jalan setapak. Terbayar sudah rasanya perjuangan menuju puncak gunung ketika melihat pemandangan luas ke arah pelabuhan, pantai dan samudera pasifik.

Di kota ini, terdapat pula pantai yang dikenal dunia sebagai tempat berselancar terbaik dengan air lautnya yang hangat dan pasir putih. Sembari menikmati keindahan pantai, Anda pun bisa wisata kuliner dan mencari cinderamata di sepanjang pinggir pantai. Selain itu, Anda juga bisa merasakan banyak aktivitas yang akan membuat Anda terkesan, seperti merasakan memancing di tengah laut, tur lumba-lumba, blokarting hingga diving.

 

 

Hobbiton Movie Set

 

Tempat inilah yang menjadi tujuan utama wisata bagi para penggemar film, khususnya bagi mereka yang suka dan mengikuti serial The Hobbit. Lokasi syuting sekaligus tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 12 hektar dengan deretan bukit-bukit cantik yang terletak di pinggir kota yang tenang, berdekatan dengan kota pertanian bernama Matamata.

 

Ya, adegan demi adegan dalam film The Hobbit dan The Lord of the Rings bukan sekadar kilasan fantasi sinematis sementara, lokasi-lokasi tersebut betul-betul nyata dengan bentangan alam dramatis Selandia Baru yang dapat dirasakan sendiri oleh pengunjung.

 

Untuk menuju The Hobbiton Movie Set,Anda dapat dengan mudah berkendara selama tiga jam dari Auckland dan juga memiliki akses mudah dari berbagai tempat wisata populer lainnya termasuk Rotorua, Waitomo, Tauranga dan Hamilton.

 

Auckland Sky Tower

 

Auckland Sky Tower menawarkan pemandangan keindahan kota Auckland yang dapat dinikmati dari bangunan dengan ketinggian 328 meter. Menawarkan pemandangan panoramik 360 derajat yang dapat dinikmati wisatawan, mulai dari pelabuhan Waitemata dan Manukau, hingga Waitakere Ranges di sisi Barat.Tak mengherankan jika  lokasi ini menjadi tempat favorit para pelancong, terutama untuk mengabadikan moment-moment spektakuler dari ketinggian tersebut. Bangunan ini juga menjadi icon kota Auckland.

 

 

Danau Tekapo

 

Keindahan alamnya membuat para pelancong menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit untuk berlibur di Selandia Baru, bahkan menjadi impian para fotografer untuk bisa mengabadikan keindahan alam di Danau Tekapo. Danau Tekapo menawarkan pemandangan cantik dengan panorama biru kehijauan yang dikelilingi pegunungan Southern Alps yang berselimut salju. Di sini wisatawan juga dapat melihat keindahan langit malam yang sangat menakjubkan.

 

Di tepi danau ini, Anda akan menemukan sebuah gereja mungil yang klasik, Church of the Good Shepherd, di mana jendela altarnya menampilkan pemandangan Mount Cook yang sempurna. Tak jauh dari situ, berdiri ‘monumen anjing gembala’, patung perunggu yang dipahat untuk menyatakan hutang budi kawasan ini kepada anjing gembalayang tanpa bantuannya, pekerjaan menggembala di wilayah pegunungan ini tentu mustahil dilakukan.

 

 

Pantai Piha

 

Terletak di teluk kota Auckland bagian Timur, Pantai Piha merupakan pantai selancar berpasir hitam yang mempesona. Menuju Pantai Piha Anda dapat berkendara sekitar 45 menit dari pusat kota Auckland. Kemegahan Lion Rock yang seolah-olah berdiri mengelilingi garis pantai dan dikenal dengan tempat selancarnya, menjadikan Piha sebagai tempat berfoto yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda pun dapat mendaki Lion Rock dengan ketinggian 101 meter untuk melihat pemandangan spektakuler.Terdapat beberapa jalur pejalan kaki melintasi hutan asli di perbukitan sekelilingnya.

 

Pantai Piha merupakan pantai yang ditandai dengan jurang terjalpada setiap ujungnya, dan ini artinya pantai ini menjadi lokasi berselancar yang populer. Airnya memiliki arus yang kuat dan seringkali berbahaya. Namun pada musim panas, patroli penyelamat selancar dengan jelas menandai wilayah tersebut bagi para perenang. Di sini, Anda dapat mengikuti pelajaran berselancar atau mencoba abseiling (turun tebing) ke ngarai Piha. Terdapat beberapa kafe, restoran dan bar di sepanjang pantai yang menawarkan beragam makanan siap saji.

 

 

Danau Wanaka

 

Danau Wanaka menawarkan pemandangan pegunungan Alpen Selatan yang mempesona dan akan membuat pelancong terkagum-kagum. Kejernihan air dan deretan pegunungan yang menjulang tinggi menjadikan tempat ini sebagai impian bagi para pelancong. Dengan panjang 45 kilometer dan mencakup area seluas 193 kilometer persegi, perairan Danau Wanaka yang sejernih kristal tampak sempurna untuk para pelancong yang suka kegiatan air, seperti naik perahu jet, kapal layar, dan kayak.Tersembunyi di bawah gunung-gunung yang menjulang tinggi, Wanaka merupakan tempat paling damai di antara danau-danau South Island (Pulau Selatan).

 

Pada musim dingin, para pemain ski berduyun-duyun datang dari seluruh penjuru dunia untuk bermain ski dan snowboarding di Cardrona dan Treble Cone, bermain ski lintas-alam di Snow Farm, dan bermain ski heli di puncak Harris Mountains. Meski begitu, Wanaka lebih dari sekadar destinasi musim dingin. Aktivitas sepanjang tahun juga bisa dilakukan di Wanaka, seperti memancing, lintas alam, menjelajahi ngarai, memanjat, dan terjun payung. Selain itu, Anda dapat mengunjungi kota Queenstown, Cromwell, dan Alexandra yang berada tak jauh dari Wanaka untuk berbelanja atau sekadar duduk di kafe dan menikmati suasana perkotaan.

 

 

Museum of New Zealand Te Papa Tongarewa

 

Inilah tempat yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Wellington. Ya, Wellington merupakan rumah bagi Museum nasional Selandia Baru. Dipenuhi dengan kekayaan nasional, museum-museum di Wellington menceritakan kisah masa lalu Selandia Baru. Tepat di tepi pantai, Anda dapat melihat Te Papa Tongarewa, museum yang paling banyak dikunjungi di Oceania. Enam lantai pameran ini menampilkan aspek-aspek beragam seni dan budaya visual yang ada di negara ini. Te Papa adalah tempat yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda maupun pengunjung lainnya. Museum ini menawarkan pengalaman belajar yang modern dan interaktif.

 

Nama museum, Te Papa Tongarewa diambil dari bahasa Maori (penduduk asli Selandia Baru), yang memiliki arti ‘Tempat Penyimpanan Harta’. Museum Te Papa mulai dibangun pada 1994 dan resmi dibuka pada tanggal 14 Februari 1998. Dengan bentuk bangunannya yang unik dan modern di tepi pantai Wellington, Museum Te Papa menjadi salah satu icon kota Wellington.

 

 

Skyline Queenstown

 

Skyline Queenstown juga menjadi favorit para wisatawan. Anda dapat menikmati pemandangan luar biasa dari puncak gondola yang melintasi Queenstown dan Danau Wakatipu, sebagai salah satu tempat yang paling mudah diakses di Selandia Baru. Ketika Anda berada di atas gondola, Anda serasa tak ingin turun! Selain itu, Anda juga bisa memacu adrenalin Anda dengan mengendarai luge, bungy, paraglide, atau menuruni lereng dengan zipline Ziptrek.Queenstown menawarkan tempat yang sempurna untuk petualangan, relaksasi, dan kesenangan sepanjang tahun.

 

Di sini, Anda juga dapat menikmati indahnya alam Queenstown dengan bersepeda. Ikuti tur heli-sepeda yang seru, bersepeda santai bersama penduduk setempat melintasi tepi danau, mencoba jalur sepeda lintas alam, atau mengayuh pedal menelusuri perkebunan anggur Gibbston Valley.