Oleh: -

Naskah            : Gyattri Fachbrilian

Foto                : Sutanto

Ada satu hal yang tak bisa lepas dari perhatian Reginald J. Hamdani, yakni action figure. Hingga kini, sudah ratusan action figure yang dikoleksi Presiden Direktur PT. Central Asia Financial ini.

Action Figure adalah mainan karakter tokoh dengan berbagai variasi pose gerakan, yang terbuat dari bahan plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan tokoh film, komik, video game atau acara televisi.

Kecintaan pria yang akrab disapa Regi ini pada action figure tumbuh sejak kecil. Awalnya, figur Mask menjadi koleksinya.

“Tapi sekarang sudah tidak berbentuk, hehe. Tahun 1980-an, juga demam G.I.Joe, saya juga punya mainan the real American heroes itu. Kegemaran mengoleksi ini terbawa hingga dewasa,” jelas pria kelahiran 12 Agustus 1978 itu.

Apalagi, kata Regi, kedua anaknya lelakinya, Reihardt Matthew Hamdani (7) dan Jonathan Alexander Hamdani (5) juga suka action figure, sehingga sebagian koleksinya barengan dengan para jagoannya itu.

Bagi Regi action figure tak hanya sekadar benda, namun juga memiliki arti tersendiri.

“Bagaimana inovasi dibalik pembuatan action figure. Mereka bisa membuat suatu karakter, materialnya, dan ceritanya. It’s really amazing. Saya sangat menyukai inovasi karena in life saya selalu mencari apa yang bisa saya lakukan untuk membuat sesuatu yang berbeda. Inovasi kan tidak selalu menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada. Tapi dari beberapa yang ada, kita buat menjadi sebuah inovasi,” ungkap suami dari Anne Budihardja itu.

Hingga saat ini koleksinya sudah menyentuh ratusan yang ia simpan secara apik di ruang khusus di ruang kerja, di rumahnya. Namun, Regi mengaku, ia tidak membatasi action figure yang ia cari.

“Karena saya koleksi bareng anak-anak, ya mengikuti selera mereka juga, misalnya lagi musim Star Wars, Marvels Superhero, dan lainnya. Tapi kalau saya pribadi lagi suka, Star Wars,” aku Regi. Star Wars yang Regi miliki sekitar 6 seri terbaru, sementara yang lawas belum banyak.

Lantas berburunya kemana saja? Regi menjawab ia selalu memasukan wish list tempat yang akan dia kunjungi bersama anak-anak setiap kali traveling, yakni toko mainan atau toko hobi

“Kalau kebetulan lagi di luar negeri, kami suka nyariin karena barangnya lucu dan unik. Terdekat Singapura. Kami juga berburu di Jepang, USA, Eropa. Sekarang yang lagi saya incar itu life size figure Iron Man itu akan saya pesan dari Singapura,” terang pria yang juga gemar mengoleksi Mercy klasik ini.

Selain itu, Regi juga kerap hunting sendiri di eBay, “Tapi lebih seru pergi sama anak-anak,” imbuh Regi.

Harga action figure Regi bervariasi mulai dari USD 5, sedangkan yang life size seharga USD 8.900.

“Saya tidak memiliki budget khusus, yang penting tahu batas. Kalau pesannya cukup banyak, ya sudah,” tutur Regi.

Ada kisah menarik yang dialami Regi tatkala berburu action figure, yakni saat menyambangi flee market di Eropa. Seperti menemukan harta karun, Regi melihat satu kotak Marvels jaman dulu. Meskipun kotaknya penyimpanannya sudah using, tapi isinya masih bagus dan komplit. “Harganya pun murah, itu keren banget!” kenang Regi.

Mengoleksi action figure ini menurut Regi hanya sedikit mengganggu di budget saja, tapi keuntungannya lewat hobi ini menjadi sarana quality time bersama kedua putranya.