Kumalawangi: Kenikmatan Tak Berbatas

Oleh: Syulianita (Editor) - 02 June 2016

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto


Menawarkan konsep unik dan berbeda, Kumalawangi resto menjadi tempat makan favorit para pengunjung. Ditambah ambience yang sangat nyaman dengan interior penuh kemewahan, kian menambah kesan tersendiri. Belum lagi jika bicara menu, Kumalawangi menyediakan segala jenis menu dari penjuru dunia, mulai dari menu nusantara hingga menu western.    

 

Restoran Kumalawangi terletak di kota Bogor, tepatnya di dalam hotel Royal Amaroossa Bogor. Hotel tersebut memang menawarkan ambience berbeda berbalut kemewahan. Tak terkecuali pada tiap sudut resto Kumalawangi yang didesain dengan konsep klasik namun mewah. Lihat saja lampu lampu gantung menghiasi hampir tiap sudut, hingga cermin klasik yang terpampang di dinding resto bernuansa gold ini.

 

Selain itu, yang membuat resto ini istimewa dan berbeda dari resto lain, terutama resto yang berada di kawasan tersebut, adalah ragam menu yang disajikan berbeda-beda setiap harinya. Menu yang kenikmatannya tak tersekat ruang dan waktu, apalagi sekadar batas negara. Ya, Kumalawangi menyediakan segala macam jenis menu, mulai dari lokal atau menu nusantara, japanese food, chinese food, menu Timur Tengah hingga western.

 

Menariknya, menu-menu tersebut disajikan secara bergiliran setiap harinya ke dalam menu lunch buffet. “Di Kumalawangi kita memang membuat rotasi menu setiap harinya yang berbeda. Kita tampilkan mulai dari western food, japanese, chinese food, dan lokal. Untuk lokal pun kita menyediakan makanan dari berbagai macam daerah, misalnya Minang, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Jadi setiap hari kita menemukan menu yang berbeda. Itu untuk buffet, karena kita setiap hari ada lunch buffet,” terang Chef Kumalawangi, Hendriana.

 

Chef yang akrab disapa Hendry ini, menambahkan, dengan begitu pengunjung tidak merasa bosan untuk menikmati kuliner di Kumalawangi, terutama mereka para pekerja kantoran sekitar yang sering menikmati makan siangnya di Kumalawangi. Setiap harinya, Kumalawangi menyajikan menu berbeda untuk lunch buffet. Misalnya menu western untuk hari Senin, Japanese food untuk Selasa, menu Sundaan untuk hari Rabu, menu khas Bogor untuk hari Kamis, serta menu chinese food setiap hari Jumat. “Terkadang kita juga tampilkan menu Italia atau menu timur tengah juga,” ungkap Chef Hendry. Untuk bisa menikmati aneka menu lunch buffet tersebut, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.160.000,nett, dan Rp.180.000,nett untuk dinner buffet.

 

Begitupun untuk menu breakfast, agar tamu long stay tidak merasa bosan dengan menu yang ada, Kumalawangi juga membuat variasi menu yang bergantian setiap paginya, seperti, adanya nasi uduk betawi, nasi lengko cirebon, nasi gudeg jogja, dan dari surabaya ada nasi rawon yang disajikan bergiliran. Resto dengan kapasitas maksimal 80 seating capacity ini, buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WIB untuk breakfast, mulai pukul 12.00 hingga pukul 14.30 WIB untuk lunch buffet, dan mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00 untuk dinner buffet. Sementara untuk menu ala carte, Kumalawangi beroperasi selama 24 jam setiap harinya.

 

Menu ala carte pun beragam jenisnya, mulai dari menu lokal hingga menu western. Namun menurut Chef Hendry, lantaran mayoritas tamu adalah penduduk lokal dengan prosentase 80%, maka Kumalawangi menonjolkan menu nusantara. “Mereka hampir rata rata terkesan dengan menu tradisionalnya,” ungkap Chef Hendry. Adapun menu nusantara yang menjadi favorit para pengunjung, antara lain, ayam goreng royal, nasi timbel amaroossa, dan gurame bakar yang disajikan dengan sambal terasi.

 

Selain itu, Kumalawangi juga menyediakan menu lainnya yang unik, seperti whole wheat burger, yakni burger yang dikemas dengan roti gandum, memberikan rasa yang berbeda, dan lebih sehat tentunya. Untuk dessert atau penganan ringan, Kumalawangi menawarkan beragam pilihan dengan rasa yang menggoda, seperti, sacher cake yakni cake coklat yang rasa coklatnya melted, apple strudle, dan jajanan pasar kue lupis. Sementara untuk beverage, strawberry smoothies dan frosty vanilla coffe bisa menjadi pilihan untuk menemani Anda bersantai di Kumalawangi.