Menjelajah Pantai-pantai Unik di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 17 November 2014
Berbeda dengan pantai pada umumnya, di Pantai Segara Anakan Anda tidak bisa melihat horizon karena pantai ini lebih merupakan laguna yang dikelilingi bukit-bukit karang dengan vegetasi lebat.

Segara Anakan yang terletak di Pulau Sempu, wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, sejatinya adalah sebuah laguna berwarna hijau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang seolah terisolir oleh batu karang.

Airnya yang berwarna hijau kebiruan lebih mirip danau, namun pantainya yang berpasir putih bersih dan sangat halus, menunjukkan bahwa sepotong surga ini sesungguhnnya adalah laguna tanpa horizon.

Pada salah satu bagian di tebing-tebing yang memagari laguna, ada lubang akibat erosi ombak.

Dari situlah sumber air laut Segara Anakan berasal. Anda bisa mendengar suara gempuran ombak Samudera Hindia yang menghantam tebing di sisi luar.

Pulau Sempu bisa diakses dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Sendang Biru selama 10 menit. Pantai Sendang Biru sendiri dicapai dengan berkendara selama dua jam dari Kota Batu, Malang.

Setelah trekking selama satu jam dari Pantai Sarang Semut, Anda akan tiba di Segara Anakan, dan menemukan sebuah surga yang tersembunyi.