Search:
Email:     Password:        
 





Sehat Bisa Dimulai dari Alas Kaki

By Benny Kumbang (Editor) - 30 July 2015 | telah dibaca 4173 kali

Naskah : Sahrudi Foto : Istimewa

Seringkali kita melupakan bahwa alas kaki, entah itu sepatu atau sandal, yang biasa kita pakai sehari-hari ternyata memiliki korelasi yang signifikan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti dikutip dari timesofiIndia.com, seorang dokter pengobatan dan bedah podiatrik, Jacquelin Sutera mengungkapkan bahwa banyak problema  kesehatan yang dimulai dari alas kaki. Bahkan, sepatu yang terlihat nyaman di kaki, misalnya tak luput dari ancaman membahayakan tubuh karena memberikan efek yang buruk bagi kesehatan.
Lalu, alas kaki seperti apa saja yang memberikan implikasi pada kesehatan tubuh? Berikut beberapa penjelasan tentang alas kaki yang baik dan wajib kita kenali :

 

Ukuran sepatu
Sudah pasti, ini ukuran alas kaki menjadi faktor utama Anda memilih sepatu atau sandal. Karena itu, bagi Anda yang suka  memilih ukuran sepatu yang satu ukuran lebih kecil dengan tujuan agar kakinya terlihat indah, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu. Karena hal ini dapat menyebabkan kulit kaki mengeras dan lecet.  

Bahan sepatu
Memilih sepatu dengan bahan yang lentur dan tidak kaku adalah pilihan terbaik. Karena bahan sepatu yang kaku akan menyebabkan kaki mudah pegal dan kaki menjadi lecet. Hal ini disebabkan kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa.

Bagian depan sepatu
Bagi Anda yang suka memakai sepatu dengan bagian ujung yang lancip atau mengerucut akan tidak tepat bagi Anda yang berjari besar, karena dapat menyebabkan tidak adanya ruang yang leluasa untuk ujung-ujung jari. Ujung sepatu yang sempit dapat menekan kuku jari kaki dan membuat pertumbuhannya mengarah ke dalam.  

Kenali dasar sepatu
Sepatu atau alas kaki yang baik pada umumnya dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik, karena dengan kita memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki kita berada dalam posisi yang nyaman. Hal ini mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut.

 
Sepatu yang terlalu empuk
Sepatu jenis ini bukanlah pilihan terbaik karena pemakainya tidak bisa merasakan tanah yang dia pijak secara langsung. Sepatu ini hanya ideal untuk gerakan maju seperti berlari. Mengenakan sepatu jenis ini bisa menyebabkan cedera stress kronis, terutama di bagian tumit.

Sandal Jepit
Sandal seperti ini memiliki tipikal yang terlalu flat atau datar serta terlalu tipis dan terbuka. Hal ini dikhawatirkan tidak memberikan dukungan lengkungan atau bantalan kaki. Sementara jepitan di antara jari kaki justru bisa berbahaya karena dapat memaksa otot jari kaki terlalu mencengkeram. Hal seperti inilah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan peradangan, sakit pada tumit, tegang otot dan retak tulang. Selain itu, minimnya perlindungan terhadap kaki, menyebabkan penggunaan sandal jepit dapat membuat kaki pemakainya mudah terluka.  Jika diperlukan kita dapat menambahkan produk alas kaki tambahan yang ergonomis, yang sudah banyak hadir di pasaran secara terpisah dari sepatu. Dengan demikian, potensi cedera kaki dapat terhindari, dan kesehatan kaki pun terjaga.
 
Sepatu berhak tinggi
Yang harus diperhatikan adalah, mengenakan sepatu berhak tinggi dalam waktu lama dapat memindahkan berat badan Anda ke bagian telapak depan kaki. Kondisi Ini dapat menyebabkan tekanan pada kaki. Selain itu bisa menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki, retak di bagian tengah kaki, dan neuroma atau tumor saraf jinak. Tapi jika Anda penyuka sepatu dengan hak tinggi, sebaiknya menggunakan sepatu dengan hak tinggi tidak lebih dari 2,5 cm. Jika kita ingin menggunakan sepatu dengan hak tinggi, pilihlah sepatu dengan hak yang agak lebar, tidak terlalu runcing. Hal ini karena akan  membantu kita memiliki keseimbagan pada saat berjalan, sehingga akan terhindar dari  terjatuh dan terkilir.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

                       
   

Popular

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 233250