Search:
Email:     Password:        
 





Bora Bora Island, Surga Tersembunyi di Polinesia

By Syulianita (Editor) - 05 December 2017 | telah dibaca 6542 kali

Bora Bora Island, Surga Tersembunyi di Polinesia

Naskah: Suci Yulianita/berbagai sumber Foto: Istimewa

 

Berwisata ke pulau sebenarnya tak perlu jauh-jauh melancong ke negeri orang, lantaran negeri tercinta Indonesia sendiri sejatinya menyimpan begitu banyak keindahan wisata pulau di seluruh nusantara. Namun jika ingin suasana liburan yang berbeda, Anda bisa berkunjung ke salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata paling indah di dunia, Bora Bora Island yang terletak di Polinesia Perancis.

 

 

Aktivitas yang dilakukan kala berlibur ke pulau mungkin sama saja, tak jauh-jauh dari bermain air. Namun di Bora Bora Island Anda akan menemukan sesuatu yang baru, pemandangan indah yang tentu berbeda dengan pemandangan pulau-pulau lainnya. Di sini, Anda akan disuguhkan panorama menakjubkan, pemandangan pulau yang dikelilingi oleh laguna dan batu karang di tengah Samudra Pasifik yang berfungsi sebagai pelindung dari hantaman gelombang. Selain pemandangan indah, jernihnya laut yang terbentang, serta pasir putih dan gulungan ombak yang indah, di pulau ini pengunjung bahkan bisa menyatu dengan para hiu saat menyelam. Sungguh menjadi sebuah pengalaman baru yang memacu adrenalin.

 

Bora Bora merupakan kepulauan kecil yang terletak di sebelah selatan Samudera Pasifik. Posisinya masuk dalam wilayah Negara Kepulauan Polinesia Perancis. Mendengar kata Perancis, Anda tentu akan teringat dengan megahnya Menara Eiffel. Namun Bora Bora terletak jauh dari tempat di mana Menara Eiffel tersebut berdiri, tepatnya terletak di Kepulauan Tahiti.

 

Jauh dari kota, namun akses menuju Bora Bora tidaklah sulit, bisa dijangkau dengan menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Tahiti. Dari bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal menuju Vaitape. Dari situ, Anda akan dibawa langsung ke hotel dan penginapan sesuai pesanan. Biaya perjalanan tersebut biasanya sudah termasuk dalam paket jika menggunakan maskapai penerbangan Tahiti Air. Jadwal penerbangan yang disediakan Tahiti Air juga cukup banyak, dalam sehari tersedia lima hingga enam kali penerbangan menuju Bora Bora.    

 

Wisata yang ditawarkan di Bora Bora tak melulu hanya wisata air. Di sini, pelancong juga bisa menjelajah sekitar pulau hingga ke puncak Gunung Otemanu dan Gunung Pahia yang terletak di tengah-tengah Pulau Bora Bora. Gunung dengan ketinggian sekitar 728 meter dari atas permukaan laut ini, bekas gunung berapi. Dan saat ini menjelma menjadi sebuah objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pemandangan sekitar pulau Bora Bora juga akan tampak sangat menawan jika dilihat dari ketinggian puncak gunung tersebut.

 

Selain menikmati keindahan pemandangan dan mengabadikan momen dari puncak gunung, tentu Anda bisa menikmati aktivitas lainnya saat berlibur di Bora Bora. Namanya berlibur di pulau, tentu Anda tak akan melewatkan rangkaian aktivitas bermain air, bukan. Ya, di sini pelancong bisa bebas bermain di pinggir pantai kapanpun. Bahkan hanya duduk santai menikmati keindahan pasir putih sembari menanti sang surya tenggelam, juga akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

 

 

Apalagi jika liburan Anda diisi dengan kegiatan lain, seperti memancing, berenang sepuasnya, parasailing, snorkeling hingga diving. Yang menarik, menyelam di sini Anda akan menemukan suasana baru, yakni menyelam bersama para hiu di dasar laut. Jika berani, Anda bahkan bisa memilih paket liburan memberi makan ikan hiu atau berenang bersama ikan Pari atau penyu di Lagoonarium. Anda pun bisa bermain sepuasnya dengan ikan-ikan tropis saat snorkeling di Coral Gardens atau Tupitipiti Point. Jika tak ingin snorkeling atau diving, Anda juga bisa menikmati pemandangan dasar laut hanya dari atas permukaan laut lantaran air lautnya yang sangat jernih dan bening laksana sebuah kaca.

 

Tak hanya itu, di tempat ini, Anda pun bisa menelusuri jejak peninggalan Perang Dunia II dan peninggalan nenek moyang bangsa Polinesia di situs bersejarah. Tersedia pula sejumlah galeri seni, dan beberapa outlet yang menjual berbagai macam souvenir khas Bora Bora sebagai buah tangan, antara lain, perhiasan mutiara hitam yang dijual dengan harga bervariasi. Dan jika beruntung, Anda bahkan bisa menyaksikan langsung Polynesian Show, sebuah pertunjukan kebudayaan tarian lokal dengan iringan musik tradisional yang biasanya digelar satu kali dalam seminggu.

 

Yang tak kalah menarik, untuk melengkapi pengalaman berlibur di Bora Bora, di sini Anda juga bisa merasakan sensasi menginap di atas laut. Ya, itulah salah satu kelebihan yang ditawarkan Bora Bora, dilengkapi beberapa hotel dan resort yang tersebar di atas laut. Jika dilihat dari atas, tampilan hotel tersebut tampak seperti akar pohon. Harga penginapan di Bora Bora bervariasi mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah per malamnya.

 

Berdiri di atas laut, penginapan tersebut dirancang sangat alami dan tradisional, sehingga tamu yang menginap semakin terasa menyatu dengan alam. Desainnya dibuat mirip rumah lokal masyarakat Polinesia. Atap beralaskan daun palem semakin menguatkan kesan tradisional serta menambah kenyamanan dan kesejukan bagi siapapun yang menginap. Masing masing kamar terdapat dek untuk naik ke perahu. Anda pun bisa menjelajahi pulau dengan perahu sepuasnya.  

 

Selain penginapan di atas laut, Bora Bora juga menawarkan bungalow dengan arah pemandangan ke berbagai penjuru agar tamu bisa puas menikmati keindahan alam yang spektakuler. Kemudian ada pula beberapa resort mewah berbentuk rumah panggung yang berada di pinggir pantai berair jernih. Jadi dari atas resort tersebut, tamu bisa melihat keindahan dalam laut hingga ke dasar laut. Jika ingin menyaksikan langsung keindahan Bora Bora, Anda bisa berkunjung pada bulan Mei. Karena pada bulan tersebut, cuaca sedang bersahabat dengan sedikit curah hujan.

Polinesia Perancis

Jika melihat keindahan Bora Bora yang menjadi salah satu pulau terindah di Polinesia Perancis, tak berlebihan jika Polinesia Perancis disebut-sebut sebagai ‘the most beautiful country’ di Samudera Pasifik bagian Selatan. Polinesia Perancis memiliki lebih dari 100 pulau yang tersebar di wilayah seluas kurang lebih 4000 meter persegi.

 

Selain keindahan pulau, Polinesia Perancis memiliki keindahan wisata lainnya, seperti pemandangan berupa gunung-gunung berapi dan tebing-tebing tinggi yang eksotis. Jauh dari keramaian, menjadikannya surga dunia, sebuah tempat yang eksklusif untuk berlibur atau berbulan madu. Tak heran jika banyak selebritis dunia papan atas menghabiskan waktu berliburnya di sini.  

 

Untuk berlibur ke sini, tentu membutuhkan budget yang besar. Selain karena lokasi yang jauh dari Indonesia sehingga membutuhkan budget transportasi yang besar, akomodasi di tempat ini juga terbilang mahal, terutama di pulau-pulaunya. Di sini hampir tidak ada penginapan dengan budget backpacker, yang ada adalah bungalow, hotel dan resort mewah di pinggir pantai dengan harga tinggi per malamnya.

 

Selain itu, harga makanan di sini pun tergolong tinggi. Untuk snack saja harga bisa dipatok ratusan ribu rupiah. Dan sayangnya sangat jarang pula ditemukan bungalow atau hotel yang menyediakan dapur untuk memasak sendiri. Begitu pula untuk kegiatan-kegiatan selama berlibur di pulau, seperti diving atau snorkeling, harga sewa berkisar ratusan USD. Jadi untuk berlibur ke sini, memang dibutuhkan ekstra budget.

 

Meski begitu, Anda tentu bisa berhemat dengan beberapa tips yang bisa dilakukan. Antara lain, mencoba berjalan kaki atau bersepeda untuk berjalan jalan di seputar lokasi wisata, ketimbang naik bus atau taksi. Apalagi sayang melewatkan pemandangan indah yang terhampar di depan mata. Dengan berjalan kaki, Anda bisa dengan puas menikmati keindahan alam sekaligus mengambil gambar moment demi momentnya.


 

Banyak hal yang bisa dilakukan selama berlibur di Polinesia Perancis. Selain Bora Bora, Polinesia Perancis juga memiliki pulau lain yang tak kalah indahnya, seperti Tahiti yang menjadi pulau terbesar di Polinesia Perancis. Semua pulau di Polinesia Perancis menawarkan keindahan pemandangan yang sangat menawan. Pantai-pantai berpasir putih dengan jejeran pohon palem yang menambah keasrian, laguna berwarna biru kehijauan, serta hutan hujan tropis.

 

Sama seperti Bora Bora, pantai dan pulau di sana menawarkan atraksi wisata yang menarik dan beragam, seperti, menyelam bersama ikan hiu, tur ke kuil kuno, trekking melintasi lembah hutan, atau sekadar bersantai di tepi pantai sembari menikmati indahnya matahari terbenam. Di sini, Anda akan menemukan kehidupan bawah laut terbaik dan indah. Dan jika beruntung, Anda bisa melihat lumba-lumba yang bermain dan berenang dengan bebas di kawasan pantai. Selain menelusuri pulau-pulau yang ada di Polinesia Perancis, pelancong juga bisa melakukan perjalanan wisata alam lain di Polinesia Perancis. Anda bisa menyusuri sepanjang Lembah Fautaua dan melihat indahnya air terjun Fautaua setinggi 300 meter. 

Tahiti

Inilah pulau terbesar di Polinesia Perancis. Berwisata ke Tahiti, Anda bisa memulainya dengan berkunjung ke Papeete, Ibukota Polinesia Perancis. Di sini, pelancong bisa berwisata ke museum, pasar tradisional, dan toko-toko yang khusus menjual perhiasan mutiara hitam. Selain itu, pelancong juga bisa berkunjung ke Le Marche, yakni pasar yang menyajikan berbagai macam kerajinan seni. Tahiti yang menawarkan pemandangan alami yang terbentuk dari gunung berapi ini, pun masuk dalam daftar kunjungan wisata impian.

 

Tahiti terletak di selatan Samudera Pasifik dengan populasi penduduk sekitar 169.677 jiwa. Konon pulau ini memiliki penduduk terbanyak di Perancis. Pulau Tahiti memiliki panjang 45 km pada sisi terpanjang, dan memiliki luas 1.048 km² (404 mil²) dengan titik tertinggi 2.241 m (7.352 kaki) di atas permukaan air laut Gunung Orohena.


 

Sama seperti Bora Bora, Tahiti juga terkenal dengan bungalow dan resort tradisional di atas air. Salah satu resor yang menjadi pilihan pelancong jika berlibur di Tahiti adalah Le Meridien Tahiti. Anda pun bisa menikmati keindahan laut Tahiti dengan berlayar menjelajahi laut menggunakan perahu. Selain itu, di sini juga menjadi surganya para penggemar surfing. Berkunjunglah ke Teahuppo untuk menaklukan ombak-ombak besar yang menantang. Tempat ini bahkan pernah dijadikan lokasi kompetisi Billabong Pro Surf of the World Championship Tour.



Add to Flipboard Magazine.
Komentar:

                         
   

Popular

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 233250