Mandiri inhealth bersinergi dengan bpjs kesehatan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 24 November 2015

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Mandiri Inhealth

Jika banyak perusahaan asuransi kesehatan swasta melihat kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai tantangan, Mandiri Inhealth justru meresponnya  sebagai sebuah peluang. Melalui produk Managed Care, Mandiri Inhealth menerapkan mekanisme Coordination of Benefit (COB) dengan skim JKN dari BPJS Kesehatan.

Dengan mekanisme COB ini, korporasi dapat mengurangi dampak double payment atas pertanggungan karyawan karena sebagian klaim dapat ditanggung dalam skim JKN. Mandiri Inhealth sudah sangat familiar dengan JKN karena selama ini telah menyelenggarakan skim serupa (managed care) yang merupakan core business sejak awal pendirian yang semakin diperkuat sejak dialihkannya ke Bank Mandiri dan bersinergi dengan Kimia Farma dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) pada 2014 lalu.


“Dengan produk Mandiri Inhealth, masyarakat dapat menikmati manfaat gabungan dari kepesertaan skim JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan melalui mekanisme Coordination of Benefit (COB),” terang Direktur Utama Mandiri Inhealth, Iwan Pasila.


Keunggulan dari COB di antaranya menawarkan kecepatan dan kenyamanan pelayanan kesehatan yang lebih baik. COB program JKN dan produk Managed Care Platinum Mandiri InHealth misalnya, peserta asuransi tidak perlu lagi harus ke puskesmas untuk dirujuk ke Rumah Sakit besar. Mereka bisa langsung ke dokter spesialis tanpa rujukan. Hal itu tentu berbeda dengan peserta yang mengantongi JKN atau BPJS Kesehatan saja karena harus melalui rujukan puskesmas atau klinik jika ingin ke dokter spesialis.   


Selain Managed Care Platinum, Mandiri Inhealth juga menawarkan produk lainnya yang terbuka untuk COB, seperti silver, gold, dan diamond. Bahkan untuk peserta COB Managed Care Diamond bisa langsung berobat ke luar negeri. Sementara untuk Managed Care Gold, bisa langsung ke empat dokter spesialis dan sisanya tetap harus melalui rujukan. Kelebihan utama dari COB ini adalah pemberian manfaat yang luas atau tanpa platform karena telah bekerjasama dengan BPJS.