Andhy Irawan Sosok Sukses Di balik Dafam

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 23 November 2015

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Pribadi

Life begins at the end of your comfort zone! Itulah sepenggal kalimat yang sangat tepat ditujukan untuk founder dan owner, sekaligus Managing Director Dafam Hotel Management (DHM) ini. Ketika banyak orang yang tidak berani meninggalkan zona nyaman, Andhy Irawan justru meninggalkan zona nyaman untuk merintis sebuah kerajaan bisnis baru. Tak disangka, Dafam Hotel Management (DHM) yang dibangunnya melejit dan berkembang pesat hanya dalam waktu 5 tahun.     

Sebelumnya, Andhy dikenal sebagai seorang profesional di bidang hospitality yang telah melanglang buana bekerja dari hotel ke hotel berbintang selama puluhan tahun. Namun ketika ada satu kesempatan, dimana ia merasa sudah waktunya berbuat sesuatu untuk negeri, bersama partner, Billy Dahlan, ia memberanikan diri menciptakan sebuah hotel baru di kota Semarang, Dafam.


Ketika itu, seperti sudah digariskan oleh Sang Kuasa, Andhy bertemu dengan seorang anak muda berusia 25 tahun yang memiliki satu tujuan dan visi misi yang sama. “Kebetulan juga semua sudah diatur yang di atas. Ada anak umur 25 tahun datang ke hotel saya bertanya tentang hotel dan sebagainya. Akhirnya kita komitmen untuk bersinergi membangun hotel. Dan dia adalah Presiden Direktur Dafam Group, Bapak Billy Dahlan. Kemudian saya juga ingin berkarya di negeri sendiri dan membuka lapangan pekerjaan. Saya ingin bermanfaat untuk negara saya. Masa kita hanya menjadi penonton terus,” Andhy membuka percakapan.


Hanya dalam waktu 5 tahun, Dafam mampu berkibar sebagai hotel lokal yang diperhitungkan di negeri ini. Terbukti, begitu banyak hotel milik pihak lain atau investor yang bekerjasama untuk dikelola Dafam. Ya, dari daerah, yaitu kota Semarang, Jawa Tengah, Dafam lahir hingga mampu menembus pasar nasional. Hotel-hotel Dafam tak hanya berada di Semarang, namun juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Tak hanya itu, keberadaan dan eksistensi Dafam pun tercium hingga ke mancanegara.