Buah-buahan Pembakar Lemak

Oleh: content (Administrator) - 01 February 2013
Naskah:  A. Rapiudin/berbagai sumber Foto : Istimewa 

Lemak merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut ahli kesehatan, tubuh memerlukan 20-30% lemak dari jumlah keseluruhan makanan yang kita konsumsi.

Berdasarkan sumbernya, lemak dapat digolongkan menjadi 2 jenis yakni lemak yang berasal dari hewan dan tumbuhan atau yang dikenal sebagai lemak nabati.

Lemak yang berasal dari hewan mengandung banyak kolesterol sedangkan lemak nabati mengandung fitosterol, yaitu lebih banyak mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh.

Sebagai zat yang dibutuhkan tubuh, lemak merupakan sumber energi yang paling besar. Setiap gram lemak menyediakan 9 kalori, lebih besar dari kalori yang dihasilkan karbohidrat dan protein. Lemak juga membantu penyerapan beberapa vitamin (vitamin A,D, E, dan K) dalam tubuh agar tubuh tetap sehat. Dengan bantuan lemak, sel-sel dalam tubuh juga dapat dibangun dan bekerja dengan baik.

Tubuh juga menggunakan lemak untuk memproduksi berbagai hormon dalam tubuh misalnya seperti prostaglandin yang berperan dalam mengatur berbagai fungsi tubuh yang penting seperti tekanan darah, sistem saraf, denyut jantung, elastisitas pembuluh darah, dan pembekuan darah.

Selain itu, lemak ternyata berperan penting dalam memelihara kulit, rambut, dan berbagai organ penting dalam tubuh seperti ginjal, liver, organ reproduksi, serta menjaga badan tetap hangat. Namun, mengonsumsi lemak berlebih pun tak baik untuk tubuh kita. Konsumsi lemak  dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan obesitas atau kegemukan dan meningkatkan risiko penyakit-penyakit seperti jantung dan diabetes.

Karena dampak negatif  itulah maka lemak perlu dikurangi. Banyak cara untuk mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang diketahui mampu membakar lemak dalam tubuh. Jika lemak berkurang maka berat tubuh juga akan berkurang.  Berikut  buah-buahan yang ...