Edwin's Gallery: Indonesian Contemporary Art Gallery

Oleh: content (Administrator) - 01 February 2013
Naskah : Suci Yulianita, Foto : Fikar Azmy

Berawal dari sebuah garasi rumah yang dijadikan ruang galeri dan studio foto mini, Edwin’s Gallery kini menjelma menjadi sebuah galeri sungguhan.

Berdiri sejak 1984, bisa dikatakan galeri ini adalah salah satu galeri terlama di Indonesia, dan masih bertahan hingga kini. Hal itu lantaran, sang pemilik, Edwin Rahardjo yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Galeri Senirupa Indonesia (AGSI), konsisten dalam mengembangkan dunia seni rupa di Indonesia.

Dengan lahan lebih kurang 2000 meter persegi, bangunan Edwin’s Gallery terbagi menjadi beberapa bangunan. Bangunan utama yang tampak seperti rumah Joglo dari depan, adalah ruang pameran atau galeri yang terdiri dari dua lantai. Kemudian di tempat terpisah, ada pula ruang pribadi Edwin, yang juga berfungsi sebagai ruang tamu. Di ruang inilah, Edwin menyimpan beberapa koleksi barang seni kinetik miliknya, yang salah satunya adalah hasil karya Edwin sendiri. Karya itu akan diikutsertakan dalam pameran skala internasional di London dan di Dubai tahun ini.