Speed Creed, Wadah Pemilik Mobil Mewah

Oleh: Giatri (Editor) - 23 April 2015
Naskah : Giattri FP. Foto : Dok.Speed Creed

Speed Creed bukanlah komunitas, tetapi wadah organisasi sports car pertama dan terbesar di Indonesia. Tak kurang dari 13 klub bergengsi bergabung disini, diantaranya BMW M Owners Club Indonesia (MOCI), GTR Owners Club Indonesia (GOCI), Lamborghini Club Indonesia (LCI), Ferrari Owner Club Indonesia (FOCI), Speed Gonz, NuVolks, Indonesia Mini Club dan lainnya.

Kelahiran Speed Creed berawal dari ajang kumpul beberapa penghobi dan pemilik mobil sport di Jakarta. Dimana mereka memiliki passion yang senada, yakni menggilai kecepatan dan ingin melampiaskannya di jalanan.

“Boleh dibilang, Speed Creed adalah HIPMI (HimpunanPengusaha Muda Indonesia) versi otomotif,” ujar Vice President Speed Creed, Willy Hadiwijaya.

Awalnya, lanjut Willy, mereka sering cruising dan konvoi di Jalan tol Jagorawi. Ditambah sedikit balapan kecil. Semua itu dilakukan mereka pada malam hari ketika jalanan sudah lenggang.
Barulah pada April 2011, Willy bersama Michael Luhukay sepakat membidani sebuah wadah untuk menyatukan para sports car lover di seluruh Indonesia melalui dunia online sehingga semua serba praktis dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Tentunya dengan batasan privasi yang kami jaga bagi members kami, seperti selalu mensensor plat nomor mobil member kami ketika ditampilkan di foto atau video yang kami unggah di web/social media serta tidak sembarangan me-post foto wajah member secara jelas, kecuali sudah mendapatkan izin dari member tersebut,” jelas Willy.

Wadah Sports Car yang memilki tagline 'Speed, Passion, Lifestyle', saat ini kian berkembang. Tak heran jika Speed Creed mencoba ekspansi dengan membuat divisi, yakni Event Organizer, Media Team, Website & Social Media, dan Merchandise. Divisi ini rutin menggelar event morning run, trackday, breakfast, gathering, bbq event di Jakarta.

Mereka juga telah sukses menghelat beberapa event akbar, seperti pada November 2012 lalu, tim media Speed Creed diundang oleh klub baru yang digawangi supercar Eropa seperti Lamborghini Aventador dan Ferrari 458 Italia bernama SCCi. Undangan itu untuk melakukan tur Jakarta-Bandung yang diinisialkan ‘Bandung Run’. Sehingga jalur tol Cipularang terasa bergemuruh ketika konvoi mobil-mobil pipih ini lewat.

Lalu “Merdeka Run”, untuk memeriahkan hari peringatan kemerdekaan Indonesia yang digagas sejak 2012 dan terus berkesimbungan. Setiap tahunnya, “Merdeka Run” menawarkan konsep yang berbeda.

Misalnya tahun lalu, “Merdeka Run” didominasi mobil-mobil kencang yang berwarna merah dan putih kemudian mengaspal beriringan di jalanan seolah-olah sang saka merah putih melintas diantara kita. Semua berbaur di Sky Garden (Living World). Tak lupa suguhan atraksi berupa live band, carnaval serta games ikut mengiringi pesta perjuangan itu.

Acara ini juga mendapat dukungan daripara sponsor yang sangat peduli dengan kehidupan dan semangat otomotif nasional. Pertamina dengan produk pelumasnya Fastron dan BBM Pertamax Plus, Protera rust protection , Living World, Prestige cars, Roni Priok, Ziebart window film adalah deretan sponsor yang turut serta mendukung penuh berlangsungnya event yang luar biasa ini.