Bantuan Kacamata Baca Untuk Siswa Kurang Mampu

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 26 March 2015
Para siswa SMAN 1 Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memeriksakan mata secara gratis pada minggu ketiga Februari 2015 lalu, tepatnya Senin, 16 Februari. Berdasarkan pemeriksaan, bagi siswa yang memerlukan dan belum memiliki kacamata baca, akan mendapatkan bantuan sebuah kacamata baca secara cuma-cuma alias gratis.

Para siswa yang tidak menggunakan kacamata baca berasal dari keluarga kurang mampu. Tentu saja mereka gembira atas kegiatan bantuan kacamata yang diusung oleh BCA. Dalam kegiatan ini BCA bekerja sama dengan Yayasan Berani dan PT Berkat AIIA. Kacamata itu akan diberikan bulan depan. Diharapkan bantuan kacamata baca bagi siswa yang membutuhkan dapat memperlancar proses belajar.

Kegiatan pemeriksaan mata juga diselenggarakan di beberapa sekolah lain di Gunungkidul, yakni di tiga sekolah di Ponjong, tiga sekolah di Semanu, dan empat sekolah di Karangmojo. Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah binaan dari Bakti BCA. Pemeriksaan dilakukan oleh dua petugas pemeriksa mata dan seorang koordinator.

Program pemeriksaan mata dan pemberian bantuan kacamata baca tersebut, merupakan salah satu bentuk implementasi program kegiatan sosial BCA dalam bidang pendidikan. Kegiatan dilaksanakan pada Februari, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-58 BCA.

“Di usia yang ke-58 ini, BCA ingin memaknainya dengan berbagi kepada sesama. Kami menyadari perkembangan BCA hingga saat inipun harus diikuti dengan perkembangan masyarakat di sekitar kami. Oleh karena itu, dalam suka cita ulang tahun yang ke-58, kami melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosial,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

Selama Februari 2015, pemeriksaan mata dan bantuan kacamata baca dilaksanakan di 17 sekolah binaan BCA di tiga wilayah, yaitu di Gunungkidul (DIY), Tatakan (Serang), dan Gadingrejo (Lampung). Pada kesempatan ini, BCA menyediakan 1.000 kacamata baca bagi siswa-siswi yang memerlukan.
Dalam rangka mendukung proses belajar di sekolah binaan Bakti BCA, kali ini BCA juga menyerahkan berbagai bantuan kepada sekolah binaan berupa bantuan buku untuk perpustakaan sekolah, pendukung lab komputer, dan fasilitas lainnya.

“Kami berharap melalui bantuan buku dapat melengkapi dan menambah koleksi perpustakaan sekolah. Hal ini diharapkan juga dapat semakin meningkatkan motivasi murid dalam belajar,” ungkap Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati.