12 Hal Unik dan Memalukan Seputar Kepala Daerah di Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 November 2014
12 Hal Unik dan Memalukan Seputar Kepala Daerah di Indonesia

Naskah: Andi Nursaiful

Indonesia memiliki keunikan pada pemimpin-pemimpin di daerah. Ada prosesi serah terima jabatan bupati dari suami ke istri sendiri, ada kakak beradik yang menjadi walikota dan wakilnya, bahkan ada rebutan kursi bupati antara dua istri mantan bupati. Penelusuran Men’s Obsession menemukan setidaknya ada 12 kelompok kepala daerah yang tergolong unik di Tanah Air.


1.    Serah Terima Jabatan dari Suami ke Istri
Acara serah terima jabatan kepala daerah dari suami ke istri, mungkin hanya terjadi di Indonesia. Penelusuran Men’s Obsession menemukan beberapa seremoni serah terima jabatan dari Bupati lama ke bupati baru, yaitu dari suami ke istri.

•    Pada 2010, Bupati Bantul dua periode Idham Samawi melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Bupati terpilih Sri Suryawidati yang notabene istrinya sendiri.

•    Februari 2013, Bupati Probolinggo dua periode Hasan Aminuddin melakukan sertijab kepada bupati terpilih Puput Tantriana Sari, istrinya sendiri.

•    Desember 2010, Bupati Indramayu dua periode Irianto MS Syafiuddin (Yance) sertijab kepada bupati baru yang tak lain istrinya sendiri, Anna Sophanah.  Suasana haru pecah saat Anna mencium tangan suaminya itu.

•    Mei 2010, Bupati Kediri Sutrisno menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan daerah kepada isterinya Haryanti Sutrisno, Bupati terpilih periode 2010-2015.

•    Pada 2012, Walikota Cimahi 2012-2017 Atty Suharti Tochija, menerima sertijab dari suaminya, H.M. Itoc Tochija, yang sudah selesai menjabat walikota.