Klub Penggila Diecast Ferrari

Oleh: Giatri (Editor) - 07 October 2014
Naskah dan Foto: Gia

Miniatur mobil atau dikenal juga dengan sebutan diecast, kini tidak hanya disukai dan digemari anak-anak. Sebab orang dewasa pun banyak menggandrungi bahkan mengoleksinya, bahkan ada komunitasnya juga, salah satunya adalah Ferrari Diecast Owner Club Indonesia (FDOCI), wadahnya para penggila diecast Ferrari.

FDOCI berdiri pada 8 Februari 2012 silam. Berawal dari kebingungan seorang Dravy Pritama, yang ingin mencari teman untuk berbagi informasi mengenai diecast Ferrari. “Saat saya ngobrol-ngobrol sama Ketua Tomochi Om Kemas, dan Aryanto D. Nugroho, tercetuslah ide untuk membuat komunitas FDOCI. Owners Club itu sebenarnya dari FOCI (Ferrari Owners Club Indonesia), lalu kita tambahkan kata diecast sehingga menjadi FDOCI.” ujar Davry.

Mereka kemudian membuat FanPage FDOCI di facebook, gayung pun bersambut, kian lama komunitas ini memiliki peminat yang cukup banyak. Hingga saat ini, jumlah anggota yang join di FanPage FDOCI sudah menyentuh 1.000 anggota. Tapi baru 350 orang mengambil nomer. Mereka memiliki koleksi beragam diecast Ferrari, mulai dari replica Formula 1, F 40, Enzo Ferrari, hingga model teranyar La Ferrari. Diecast Ferrari yang beredar diantara adalah lansiran Mattel dengan brand Hot Wheels Elit-nya, Kyosho, hingga Tomica.

Syarat untuk menjadi anggota, menurut Faisal tidak sulit karena hanya diwajibkan memiliki dua diecast Ferrari. "Dan pamerkan koleksinya di akun Facebook kami,” ujar Faisal.

Uniknya lagi, setiap member FDOCI akan dibuatkan mobil dinas berbentuk Ferrari, di mobil tersebut tercantum nomer anggota dari si member. Mereka pun bebas memilih nomernya. “Setiap setahun sekali kita buat mobil dinas itu, mereka bisa mesan ke kita nanti kita yang akan koordinir. Dan setiap tahun pula kita berganti tipe ferrari untuk dijadikan mobil dinas,” jelas Faisal.

FDOCI juga tidak membatasi siapa yang saja yang boleh bergabung menjadi anggota. Ada anak-anak, kuliah, hingga yang berkeluarga. “Meskipun lintas generasi atau gender, tapi kami ngobrolnya nyambung karena ngomongin diecast,” kata Faisal.

Lantas apa yang membuat member FDOCI tertarik dengan Diecast Ferrari? Andy Mulyadi, salah satu anggota FDOCI menuturkan, memiliki diecast memberikan kepuasan bathin dan kebanggaan baginya, terlebih jika diecast tersebut terbilang langka dan tidak dimiliki oleh orang lain. Namun yang pasti, menurut Andy diecast ini memiliki bentuk yang unik dan serupa dengan aslinya, apalagi selama ini diecast Ferrari memang dikenal memiliki styling yang keren dan luks.

Selain itu, diecast ini bisa dijadikan investasi masa depan, Faisal mencontohkan diecast miliknya, La Ferrari dalam kurun waktu 1 – 2 hari harganyanya sudah naik. “Apalagisekarang pihak hotweels hubungan kerjasamanya sudah selesai, harganya bakal melejit karena ini produk terkahir mereka antara HWE (HotWheel elit) dengan Ferrari,” jabar Faisal.