Program PAKEM Membangun Kualitas Guru

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 09 October 2014
Kurikulum 2013 yang diterapkan pemerintah bagi peserta didik, khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat, telah menjadi tantangan tersendiri bagi para guru. Betapa tidak, karena mereka, para guru, harus mampu mengubah budaya mengajar di dalam kelas, sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Metode pembelajaran ini wajib dikuasai oleh para guru SD agar bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajaran, mendorong siswa untuk bereksplorasi, dan proses pembelajaran yang menyenangkan untuk menghasilkan siswa-siswi aktif, kreatif, cinta akan belajar, tangguh dan unggul di bidangnya masing- masing.

Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 itu, Djarum Foundation yang bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, menggelar pembekalan bagi guru-guru SD di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melalui Program Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Pembelajaraan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).