TelkomdanTelstra Australia GarapBisnis Network & Application Services

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 15 September 2014
Sidney, 29 Agustus 2014 – Komitmen PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) untuk menjadi perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia dan dunia kembali direalisasikan. Hari ini (29/8), Telkom berhasil menggandeng operator asal Australia, Telstra Corporation Limited (Telstra) untuk merealisasikan kesepakatan joint venture dalam penyediaan Network & Application Services (NAS) bagi pelanggan enterprise/korporasi di Indonesia, perusahaan multinasional dan perusahaan Australia  yang beroperasi di Indonesia. Bertempat di Sydney, Australia, penandatanganan kesepakatan dilakukan oleh CEO Telkom Arief Yahya dengan CEO Telstra David Thodey.

Arief Yahya mengatakan, kesuksesan Telstra dalam melakukan transformasi bisnis, kompetensi yang dimiliki dalam bisnis NAS dan pengalaman Tesltra dalam penyediaan layanan ICT di lebih dari 800 perusahaan di Australia menjadi alasan utama Telkom untuk menjalin kerjasama dengan Telstra. “Kami ingin menjadi bagian dari pemain global. Karena itu kami bekerjasama dengan pemain besar seperti Telstra.Kami yakin kerjasama penyediaan solusi NAS ini akan tumbuh secara signifikan, mengingat pengalaman Telstrasebagai pemain global serta posisi Telkom sebagai pemain utama dalam bisnis bisnis  ICT dan data center,” ujar Arief.

Sementara itu Telstra Global Enterprise and Service Group Executive, Brendon Riley mengungkapkan, Tesltra menyambut baik kerjasama yang dilakukan bersama Telkom. Menurutnya gabungan kekuatan yang dimiliki Telstra dan Telkom akan menimbulkan kepercayaan kehandalan layanan NAS di mata pelanggan, sehingga ia yakin joint venture Telstra dan Telkom ini akan tumbuh secara cepat.

“Kami meyakini bahwa Joint Venture NAS ini secara signifikan akan memberikan pertumbuhan baru terhadap bisnis Telstra di Asia yang merupakan tahapan penting dari strategy Telstra di Asia,” ungkap Brendon.

Joint Venture ini diharapkan sudah dapat mulai memberikan solusi NAS kepada pelanggan-pelanggan korporasidi Indonesia pada tahun 2015. Telkom sendiri telah masuk ke pasar Australia dengan nama Telkom Australiayang fokus bermain di Business Process Outsourcing (BPO).