IIMS 2014: Etalase Industri Otomotif Nasional

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 29 August 2014
Ajang otomotif paling akbar se-Asia Tenggara, The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 sudah di depan mata.

Perhelatan prestisius yang digelar 18-28 September 2014 ini, menjadi etalase kemajuan industri otomotif Indonesia. Sekaligus sebagai sebuah “pernyataan” bahwa otomotif Indonesia segera merajai Asia Tenggara.


Di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional, industri otomotif nasional justru menunjukkan anomali.

Dari tahun ke tahun, kapasitas produksi dan angka penjualan otomotif, baik retail maupun weholesale, terus naik. Jika pada 2006 angka penjualan masih sebesar 318.904 unit, maka pada 2012 sudah menembus angka 1,1 juta unit.

Tahun lalu, angka penjualan domestik mencapai 1.229.903 unit, melampaui target penjualan 1,1 juta unit. Periode Januari-Juli 2014, Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR, mencatat, angka penjualan wholesale sudah menembus 730 ribu unit.  “Kalau retail bahkan mencapai 730 ribu unit,” ungkap Sudirman, dalam konferensi pers persiapan IIMS 2014 di Jakarta, akhir Agustus lalu.

Gaikindo memproyeksikan angka penjualan otomotif hingga akhir tahun ini sebesar 1.250.000 unit. Ini adalah angka pesimis mengingat situasi ekonomi dalam negeri yang diwarnai polemik penghapusan subsidi BBM.

Kapasitas produksi industri otomotif nasional tahun lalu mencapai 1.368.000 unit, dan hingga akhir tahun ini diproyeksi mencapai 1.998.000 unit. Tahun lalu Indonesia meengkspor 170.958 unit kendaraan CBU, dan 105.380 unit kendaraan CKD. Tahun ini, proyeksinya 200.000 unit (CBU) dan 120.000 unit (CKD).

Etalase Industri Otomotif Nasional
Data-data di atas menjelaskan bahwa Indonesia adalah pasar potensial bagi industri otomotif,  dan semakin mendorong ambisi Gaikindo untuk menjadikan Indonesia sebagai barometer industri otomotif di Asia Tenggara.

Salah satu ukurannya adalah sukses pelaksanaan Indonesia IIMS, yang tahun ini sudah menginjak perhelatan ke-22, dan mengambil tema Smart and Safe Mobility. Gaikindo yang menggandeng Dyandra Promosindo sebagai EO, menjanjikan penyelenggaraan tahun ini akan lebih berkualitas dari tahun-tahun sebelumnya.

Banyak hal yang terus disempurnakan, mulai dari perluasan lahan di JIExpo (arena pameran) sebesar 10% dari luas 75.101 m2  tahun 2013. Menurut Ketua Panitia, Johnny Darmawan, jumlah peserta pun meningkat dari 36 merek otomotif pada 2013 menjadi 39 merek tahun ini. Tiga merek yang ikut tahun ini adalah Alfa Romeo, Fiat, dan Infinity.

“Perusahaan penunjang otomotif yang ikut tahun ini juga bertambah dari 275 perusahaan pada 2013 menjadi 286 perusahaan tahun ini. Total eksibitor meningkat dari 310 menjadi 322 eksibitor,” sebut Johnny.

Deretan ke-36 merek anggota Gaikindo yang akan tampil tahun ini, terdiri dari 29 kendaraan penumpang, yakni Alfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, VW, serta 7 kendaraan komersial, yakni, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, UD Trucks.

Sudirman menambahkan, dengan adanya dukungan OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles, organisasi internasional pembuat kendaraan bermotor), IIMS 2014 tidak hanya ditujukan kepada konsumen domestik tetapi juga menjadi barometer tren industri otomotif Indonesia di mata dunia.

Antusiasme APM juga terlihat dengan berlomba menampilkan teknologi dan model terbaru yang disesuaikan dengan tema. Daihatsu, misalnya, akan menampilkan 13 unit mobil yang terdiri dari 6 unit mobil konsep dan 7 unit current model. Mobil konsep yang akan ditampilkan, antara lain, Ayla GT2, CUV2, Copen, dan UFC3.

Subaru akan meluncurkan tiga produk baru bagi pasar Indonesia, yakni All-New WRX, WRX STI, dan XV STI Performance Editions, serta memamerkan kendaraan konsep Forester Cutaway dan varian VIZIV.

Selain itu, beberapa APM juga tak mau kalah untuk memboyong model baru. Antara lain, Audi S3 2.0 Turbo Fsi Quattro, Honda HR-V, Datsun Ready-90, Infinity Q50, Mitsubishi Delica dan AR, Suzuki S-Cross, Hustler, Celerio 1000cc, Tata Bolt, Zest, dan mini-SUV Tata Nexon.

Local Content
IIMS 2014 juga ingin menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan industri otomotif lokal. Gaikindo mengharapkan penggunaan kandungan lokal dalam produksi kendaraan roda empat dapat mencapai 87% setelah sebelumnya target penggunaan kandungan lokal sebesar 80 – 85% telah dicapai.

Dijelaskan, saat ini komponen-komponen kunci di dalam mobil seperti bodi, engine, transmisi, steering dan rem sudah bisa dibuat di Indonesia, sedang komponen yang hingga saat ini hanya sedikit jumlah item yang masih impor, sehingga tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan penggunaan kandungan lokal akan terus meningkat.

Untuk mendukung industri lokal, IIMS 2014 bekerjasama dengan Departemen Perindustrian akan merangkul Industri kecil menengah (IKM), untuk memamerkan hasil produksi mereka selama pameran berlangsung. Selain itu IIMS juga akan memboyong beberapa karya mahasiswa teknik dari universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.

Berbagai program sosial juga disasarkan untuk menfasilitasi dukungan untuk perkembangan generasi muda, tahun ini IIMS kembali mengadakan program Student Visit to APM Assembling Plant. Donasi lebih dari 5.000 buku yang memiliki muatan pesan mendidik untuk balita dan usia sekolah, sasarannya adalah anak jalanan dan juga anak yang putus sekolah, dengan menyebar dropbox yang beberapa mal besar di Jakarta.

Tingginya antusiasme pengunjung untuk menikmati pameran IIMS berimbas pada kebutuhan lahan parkir yang terus meningkat. Untuk itu, selain lahan parkir di area JIExpo, panitia telah menyediakan beberapa kantung parkir tambahan yang berada di sekitar area pameran, yakni di Mega Glodok Kemayoran dan yang terbaru ada di Mangga Dua Square.

Di kedua tempat ini panitia menyediakan free shuttle service yang akan mengantarkan pengunjung ke area pameran dan sebaliknya. Selain itu, bagi para pengunjung yang tidak ingin repot membawa kendaraan ke area pameran, panitia menyediakan layanan free shuttle bus dari beberapa titik mal di Jakarta seperti di Central Park, Mal Artha Gading, Margo City Depok, Pondok Indah Mal, Tamini Square dan yang terbaru ada di Fx Sudirman, khusus di Fx Sudirman, pengunjung IIMS 2014 yang menggunakan layanan shuttle bus akan mendapatkan parkir gratis selama 1 jam.

Layanan free shuttle service juga disediakan bagi pengunjung yang berasal dari luar kota, khususnya Bandung, melalui kerjasama dengan layanan travel antar kota, Day Trans. Beberapa titik pick up dari Bandung menuju area pameran IIMS adalah di Cihampelas, Dipatiukur dan Pasteur. Salah satu terobosan baru yang diperkenalkan untuk menjangkau pengunjung IIMS 2014 dari luar kota adalah dengan menyediakan free shuttle service pick-up point di stasiun kereta, yakni di stasiun Djuanda.

Challenge Programs
IIMS 2014 juga akan menghadirkan program-program menantang adrenalin dan antusiasme penggila otomotif, mulai dari Gymkhana Race War, dan dua program baru. Salah satunya adalah All Wheels Drive Challenge dan Hot Wheels Race & Festival dengan arena khusus lengkap dengan trek menantang.

Pengunjung juga bisa mendapatkan merchandise eksklusif dari Hot Wheels yang hanya ada di IIMS 2014. Program lain yang akan berlangsung diarea outdoor pada IIMS 2014 adalah Test Drive, Russ Swift Stunt Show, dan Palm Challenge. Pul