Mobil-mobil Baru Paling Ditunggu di 2015

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 18 August 2014
Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto: Istimewa/Dok.MO

Saban tahun pabrikan otomotif dunia berlomba memperkenalkan konsep, model, dan desain baru. Semua mencoba mengadapatasikan perkembangan teknologi terkini, ditambah inovasi-inovasi baru. Satu hal yang berlaku umum, mobil-mobil masa kini berevolusi ke desain yang lebih efisien, memenuhi kebutuhan konsumen, dan mengusung visi masa depan. Berikut ini adalah daftar mobil-mobil terkini yang paling ditunggu kehadirannya, khususnya di 2015.

Alfa Romeo 4C (2015)
Setelah empat tahun tertunda, mobil sport seksi Alfa Romeo 4C akhirnya tampil memukau di ajang pameran di New York beberapa waktu lalu. Brand asal Italia ini tampil dengan ciri murni Italia, baik dari sisi desain eksotis, performa, maupun kesempurnaan teknis.

Mengusung mesin turbocharger yang menjadi bagian dari sejarah Alfa Romeo di ajang Formula 1, dengan bodi dari bahan carbon fiber monocoque, mobil ini memberi jawaban bagi para pemuja mobil sport. Kesan mobil balap memang sangat terasa di dalam kabin, terutama dengan dasbor driver-oriented  yang simpel. Meski demikian, sentuhan modern dan berkelas begitu terasa.
 
Alfa Romeo 4C menggendong mesin tengah 1.742 cc 4-silinder berbahan aluminium dengan turbocharger. Mnesin ini mampu memompa tenaga 240 dk dan torsi 350 Nm yang 2.200 rpm.

Distribusi tenaga menggunakan transmisi DSG 6-speed dengan operasional tuas maupun "paddle shift" pada lingkar kemudi. Akselerasi 0-100 km/jam diperoleh hanya dalam waktu 4,5 detik, dengan kecematan maksimum 258 km/jam.

Kabar gembira bagi penggemar mobil sport dan mobil buatan Italia di Indonesia. PT Garansindo Inter Global (GIG), tahun ini juga berencana memasarkan Alfa Romeo 4C di Tanah Air. Alfa Romeo 4C diklaim lebih irit berkat bodi karbon, yakni 14,7 km/liter dan emisi gas buang 157 gram per km.




Ford Mustang 2015

Bagi penggemar otomotif, nama Ford Mustang adalah legenda. Ya, inilah salah satu ikon Ford Motor Corp., yang paling berjasa mengangkat nama perusahaan. Tahun depan, mobil klasik legendaris ini kembali ke jalan-jalan raya dunia, namun dengan wajah baru, dan tentu saja teknologi terbaru.

Ford Mustang 2015 telah berevolusi dengan menggabungkan teknologi yang belum ada terjadi sebelumnya, dengan tenaga klasik Mustang yang kondang itu. Ford memilih tidak membekalinya dengan mesin berkapasitas besar seperti para pendahulunya yang memiliki mesin 4000 cc.

Generasi terbaru ini bermesin lebih kecil dengan mengadopsi teknologi terbaru andalan mereka yang terkenal irit dan ramah lingkungan, yaitu Ford EcoBoost Engine. Meski berkapasitas kecil, mesin ini mampu menyemburkan tenaga layaknya mobil dengan kapasitas mesin 4000 cc.

Ini dimungkinkan berkat hadirnya dua buah scroll turbocharger yang sudah bisa bergerak mulai dari rpm rendah sehingga menjadi lebih responsif.

Dengen teknologi itu, tenaga bisa mencapai 350 ps pada rpm rendah di 4.500. Selanjutnya torsi puncak yang dikeluarkan juga sangat menjanjikan yaitu sebesar 407 Nm pada 2.500 Rpm.

Untuk yang tetap menginginkan kapasitas mesin besar, Ford menyediakan varian Ford Mustang GT dengan kapasitas mesin 5.000 cc V8. Ford juga menyediakan versi coupe dan convertible.