Nelly Sylviana: Notaris Andal yang Piawai Berbisnis

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Karier Nelly Sylviana, SH di bidang kenotarisan terbilang cemerlang dan menghantarkan namanya menjadi  salah seorang notaris yang popular dan laris di Jakarta. Ia juga dikenal piawai berbisnis.

Apa yang diraihnya tersebut tak lepas dari peran sang ayah, H. Muhammad Supandi. Yang menempa Nelly untuk disiplin dan mandiri sejak dini.

Ayahnya yang aktif sebagai pengurus masjid dan penggiat sosial, menginginkan Nelly untuk menjadi notaris. “Sayang, papi tak sempat melihat saya menjadi notaris. Papi meninggal dunia ketika saya sedang ujian kenotarisan di UI,” kenangnya.

Tahun 2000, wanita yang gemar travelling ke luar negeri ini, mulai menjalani profesi sebagai notaris, sayang, perjalanan kariernya tak semudah membalikan telapak tangan, ia harus bersaing dengan ribuan notaris lainnya untuk menjaring klien. Namun, berkat kegigihan Nelly dan kuatnya networking yang ia bangun semasa kuliah, sedikit demi sedikit wanita yang hobi koleksi mobil mewah ini memperoleh klien.

Lantaran kinerjanya yang profesional, nama Nelly melambung, hingga mendapat banyak kepercayaan dari berbagai perusahaan besar seperti PT. Texmaco, bank-bank BUMN, dan perusahaan sekuritas dari Jerman dan Malaysia.

Selain merintis di jalur professional, rupanya Nelly juga menekuni usaha di bidang inclaring. Ia mengaku, bisnis jasa pengurusan dokumen impor dan ekspor ini dipelajarinya saat ia membantu ibunya mengelola bisnis inclaring bernama PT. Rinella Dilestama di Bandara Soekarno-Hatta sembari kuliah di FH Universitas Trisakti jurusan Hukum Perdata.

“Mamah memperlakukan saya seperti para karyawan yang mayoritas kaum Adam. Saya belajar membuat dokumen dan ikut mengeluarkan barang dari gudang,” kenang wanita penggemar tas merk Louis Vitton, Gucci, Chloe, dan Tods ini.

Kendati demikian, anak kedua dari tujuh bersaudara ini tetap bekerja dengan penuh semangat. “Saya hidup di tengah dunia laki-laki saat itu. Mami keras mendidik saya. Katanya, saya harus mandiri dan mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masa depan,” Nelly membeberkan nasehat sang ibu.

Berbekal nasehat sang ibu, usai menyandang sarjana pada 1994, wanita penggemar mobil jaguar ini lantas mendirikan perusahaan inclaring sendiri dan bisnis tersebut kini berkembang pesat.

Nellygrafi
Nama Lengkap Nelly Sylviana, SH Lahir Jakarta, 21 November 1967 Pendidikan Sarjana Hukum Perdata Universitas Trisakti (Jakarta), Lulusan pendidikan kenotariatan Universitas Indonesia Pekerjaan/Jabatan Notaris Keluarga Richie Mukhriardy (suami) dan tiga orang putra