Merry Harun: Perempuan di Balik Sukses Canon

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Ketekunan dan kecerdasannya dalam berkarir telah mengantarkan Merry Harun sebagai Canon Director PT Datascrip. Padahal, tak mudah untuk meraih posisi tersebut mengingat perusahaan Canon Inc. yang bermarkas di Tokyo, Jepang, sungguh super selektif dalam menunjuk pimpinan principal di sebuah negara. Terlebih lagi, ia seorang perempuan.

Namun para petinggi perusahaan yang mengkhususkan produk gambar, optic dan IT tersebut tak menemukan alasan untuk tidak mengangkat putri Sunda ini sebagai pimpinan perwakilannya.

Pasalnya, hampir separuh perjalanan kariernya telah diabdikan untuk membangun pasar yang sangat lebar bagi produk-produk Canon seperti kamera, mesin fotokopi dan printer komputer melalui jalur distribusi PT Datascrip. Itulah sebabnya di kalangan tertentu ia diberi julukan “Ibu Canon”.

Kerja keras yang ditanamkan kepada staf dan bawahannya selalu ditumpukan dengan menjalin kerja sama tim, mengembangkan potensi diri yang ada.

Direksi bertangan dingin ini ingin agar masing-masing jajarannya bisa berprestasi dan mampu memotivasi diri. Ambil contoh ketika ia harus bisa meyakinkan masyarakat Indonesia untuk beralih menggunakan kamera digital dari kamera jadul, ternyata sukses dengan meningkatnya penjualan kamera digital Canon. 

Wakil Ketua Umum urusan Humas, Media, Promosi dan Komunikasi Apkomindo periode 2008-2011 itu, juga dikenal berani melakukan perubahan serta mengambil kebijakan yang dibutuhkan, meski tidak populis.
Wajar kalau selama berkarier, pengagum Bunda Teresa itu banyak mengukir prestasi sehingga layak diganjar sejumlah apresiasi, baik dari segi penjualan maupun pelayanan atas berbagai produk Canon yang dipasarkan.

Perempuan yang memulai karier di Datascrip sebagai Assistant Division Manager itu sukses membawa Canon menyabet beberapa penghargaan, seperti Canon Digital Camera meraih TOP Brand Award, dan Canon Digital Camcorder mendapatkan TOP Brand Award.

Selain itu, badan survei internasional GFK memberikan apresiasi nomor satu sebagai Digital Camera Brand di Indonesia. Canon Digital Camera pun mendominasi berbagai gelar produk favorit di berbagai majalah TI dan gadget Indonesia. Bahkan meraih IBBA 2006 untuk kategori Scanner. Terbaru, Canon meraih Best Choice Award 2013 untuk kategori kamera digital dari Majalah Info Franchise Indonesia dan Dynamic Marketing Research Services.

Merrygrafi
Nama Lengkap Merry Harun Pekerjaan/Jabatan Direktur PT. Datascript) Organisasi Wakil Ketua Umum urusan Humas, Media, Promosi dan Komunikasi Apkomindo (2008-2011)