Okky Asokawati: Ketegaran Fashion Icon Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Gelombang kesuksesan sebagai model di masa lalu tak membuat perempuan satu ini terhanyut. Jika ia diibaratkan sebagai seorang peselancar, maka Okky Asokawati adalah seorang peselancar ulung yang mampu memanfaatkan gelombang tersebut untuk melakukan manuver-manuver cantiknya meniti buih. Hingga ia pun tercatat sebagai seorang peragawati profesional yang pernah dimiliki negeri ini.  Kini ia tak hanya ibu yang setia menemani dan mendidik kedua putrinya di sela-sela kesibukan, tetapi juga menjadi penyambung lidah rakyat di Parlemen.

Okky berprinsip bahwa pengabdian tak pernah mengalah oleh usia yang terus bertambah. Saat umur tak lagi mengizinkannya untuk tampil di cat walk, pemakai jilbab ini pun tak lantas menghentikan langkah di ingar bingarnya dunia mode. Bersama sekolah model dan kepribadian yang dikembangkannya, ia mencoba membangun model-model generasi muda yang memiliki kepribadian tangguh.

Ada harapan besar yang ingin diwujudkannya untuk membangun dunia modeling di Indonesia. Bersama “OQ Modeling”, sekolah model yang didirikannya pada tahun 1988 itulah Perempuan wanita yang pada Mei 2006 dinobatkan sebagai Fashion Icon Indonesia yang dipilih oleh Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) ini, mencoba memberi kontribusi.

Hingga kini, OQ Modeling sudah memiliki dua tempat di Jakarta, satu di Bandung dan satu di Semarang dengan ribuan alumni yang tersebar dan sebagian besar sukses sebagai seorang model, presenter, hingga artis.

Sebagai ibu dengan dua orang puteri, Okky selalu melewati hari dengan penuh kesabaran dan ketegaran. Dalam membangun kepribadian anak-anaknya, ia tak melulu menanamkan ambisi menjadi model mengikuti jejaknya.

“Dulu sempat mempunyai ambisi seperti itu, tapi seiring berjalannya waktu, ambisi itu sudah tidak ada lagi bahkan saya berharap anak saya itu jangan menjadi model. Karena resiko menggunakan busana yang terbuka-buka itu lebih besar. Anak itu adalah titipan Allah, yang saya bisa lakukan adalah mengajarkan mana yang baik dan mana yang salah. Toh nanti dia akan berpikir sendiri,” tuturnya.

Di balik kecantikannya, ia aktif memperjuangkan aspirasi rakyat dengan melenggok di panggung politik. Pada Pemilu 2009, ia terpilih menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PPP. Pada Pileg 2014, ia kembali dipercaya untuk duduk di Senayan.

Okkygrafi
Nama Lengkap Okky Asokawati Lahir Jakarta, 6 Maret 1961 Pendidikan Sarjana Psikologi Universitas Indonesia (UI) dan kini tengah mengambil S-2 Psikologi UI Pekerjaan Pemilik OQ Modeling School, Anggota DPR RI 2009-2014 dan 2014-2019

Artikel ini dimuat pada majalah Men's Obsession edisi April 2008