Nita Parton: di Antara Bisnis dan Hobi

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto

Dunia fesyen memang telah menjadi magnet bagi kaum wanita. Atas dasar itu pula, Nita Parton, seorang pengusaha wanita tertarik untuk terjun dalam bidang ini, dan memberanikan diri memulai usaha butik yang diberi label dari namanya sendiri, “NP Collection”. Busana rancangannya pun digemari para wanita di ibukota. Dalam hal ini, seiring larisnya busana rancangannya itu, Nita mengaku ada kepuasan tersendiri lantaran bisa menyerap tenaga kerja, sehingga membantu mengurangi pengangguran.

Busana yang ditawarkan di butiknya, murni hasil kreasinya, mulai dari merancang hingga finishing. Padahal, Nita sejatinya tidak pernah mengenyam pendidikan mode secara khusus. Semuanya ia pelajari secara otodidak atas dasar kecintaannya akan dunia fesyen. “Kebetulan saya memang sangat suka fashion, jadi tak ada kendala buat saya,” ucapnya.

Butiknya ini berjalan begitu saja, berawal dari kegemaran Nita dalam merancang busana pribadi yang dikenakannya pada acara-acara yang dihadirinya, seperti arisan dan pesta. Tak disangka, banyak yang tertarik akan rancangannya itu, yang berlanjut jadi pesanan. Dari situlah kemudian ia melihat peluang usaha baru. Tanpa menunggu waktu lama, tepatnya awal 2010 Nita memulai semuanya dengan niat dan tekad besar.

Rancangan NP Collection terfokus pada busana-busana wanita yang elegan dan seksi. Ya, dalam merancang busana, Nita mengaku memang terinspirasi dengan lekuk tubuh wanita metropolitan yang anggun dan seksi. Semua itu tentunya didukung dengan penggunaan bahan-bahan yang tepat, perpaduan warna yang serasi serta penambahan sedikit aksesoris, seperti payet, batu-batuan, hingga taburan Kristal swasrovski yang juga menjadi ciri khas rancangannya. Sehingga siapapun yang mengenakan rancangannya itu, akan tampil cantik, elegan, anggun, dan sexy. “Saya berharap siapa pun yang mengenakan rancangan saya akan terlihat lebih indah dan cantik,” ujarnya.

Selain butik, usaha lain yang terlebih dahulu ditekuninya, adalah properti dan kuliner. Ya, di kampung halamannya, Pangkal Pinang, Nita memang dikenal sebagai pengusaha properti. Di sana, ia memiliki beberapa penginapan, perumahan, dan beberapa restoran. Salah satunya, adalah, restoran dengan nama Pelangi di kawasan Belinyu, Pangkal Pinang, Bangka.

Nitagrafi:
Nama Lengkap Nita Parton Lahir Pangkal Pinang, 25 Februari Pekerjaan/Jabatan Pengusaha/ Pemilik NP Collection Keluarga Ibu dua putra/i Hobi Fashion, Olahraga, Shopping

*artikel ini dimuat pada Majalah Men's Obsession edisi 078, Juni 2010