Yulie Nasution: In Between Passion & Business

Oleh: Syulianita (Editor) - 12 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto

Berbincang bincang seputar dunia seni dengan wanita ramah satu ini, tak pernah ada habisnya. Hasratnya pada dunia seni, khususnya seni lukis, memang begitu tinggi. Hal itu pula yang kemudian membawanya menjadi seorang pengusaha wanita yang bergelut dalam dunia yang selama lebih kurang 17 tahun ini dijalaninya. Ya, dialah pemilik galeri lukisan Yulindra Gallery, pemilik sekolah melukis untuk anak-anak, juga pemilik promotor khusus penyelenggara pameran lukisan di Indonesia.

Fokus, kerja keras! dan diiringi doa, adalah tiga hal yang selama ini dilakukannya dalam menjalankan roda bisnis. Apalagi bisnis yang dijalaninya itu, bukanlah sebuah bisnis yang mudah. Produk yang dijual bukanlah barang yang menjadi kebutuhan utama. Namun bisnisnya mampu bertahan di tengah persaingan bisnis, dan mampu menerobos tantangan-tantangan yang selama ini dihadapinya.

“Semua berhasil saya lalui karena passion saya memang di dunia ini, jadi apapun yang terjadi saya nikmati saja, enjoy my work! Kalau orang lain mungkin sudah bergerak untuk pindah ke bisnis lain. Tapi saya tidak, fokus! Itu yang penting buat saya,” ujar wanita yang akrab disapa Yulie ini.

Untuk mampu bertahan, Yulie rajin menjemput bola. Misalnya, ia rutin mengadakan pameran lukisan di mal-mal bergengsi di ibukota, juga di hotel berbintang, serta aktif berkomunikasi dengan pelanggan. “Jual lukisan itu agak susah, nggak seperti jual baju, jadi kita harus jemput bola, nggak bisa hanya menunggu bola, diam saja di Gallery,” terang mantan none Jakarta Pusat tahun 1987 ini, serius.

Ia juga tak pernah berhenti berinovasi, apalagi Yulie sejatinya adalah seorang wanita aktif yang sejak muda tak pernah bisa hanya berdiam diri tanpa melakukan apapun. Walhasil, berbagai ide cemerlang kerap muncul, yang kemudian ia realisasikan untuk perkembangan usahanya. Salah satu inovasi yang dilakukannya adalah membuat porcelain painting, sebuah karya seni lukisan yang diaplikasikan di atas porselin berupa tea, coffe dan dinner set. Dan hasil karyanya itu mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Yuliegrafi

Nama Lengkap Yulie Nasution Lahir Bandung, 25 Juli Pekerjaan Pengusaha Wanita, Presiden Direktur PT. Megatra Yudacitra, Presiden Direktur PT. Global Akselerasi Services, Chairwoman of Yudacitra Promo & Yulindra Gallery Tinggi/Berat Badan 165 cm/50 kg Pendidikan Stamford College Singapore

*artikel ini dimuat pada majalah Men's Obsession edisi 105, Oktober 2012