Inul Daratista: Lilin yang Terus Menyala

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Sempat diramal kariernya akan meredup, Inul ibarat lilin yang terus memancarkan sinar. Meski tak lagi di puncak popularitas, Inul masih eksis di dunia hiburan. Tapi yang lebih inspiratif, ia membuktikan dirinya tak hanya piawai ‘goyang ngebor’ tapi juga andal memutar roda bisnis.

Tatkala ia diramalkan akan meredup pada 2004, Inul tertantang untuk mulai m4emikirkan pekerjaan sampingan demi menopang hidupnya. Awalnya, ia berniat membuka restoran, tetapi dia lantas mendapat ide cemerlang untuk berbisnis karaoke khusus untuk keluarga. Ide itu diwujudkan dengan membuka tempat karaoke Inul Vista di Kelapa Gading Mall, Jakarta, pada 2005.

“Aku berpikir seandainya  pamorku hilang, paling tidak aku masih bisa bertemu fans di tempat karaoke,” kata Inul memberi alasan menekuni bisnis karaoke.

Inul Vista di Kelapa Gading Mall sukses besar. Inul bersemangat membuka outlet-outlet Inul Vista di beberapa tempat di Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Bandung, dan Bali dengan sistem waralaba.

Apa yang dulu banyak dicibir, kini justru diikuti. Sejumlah artis dan penyanyi tanpa ragu-ragu mengikuti jejak Inul menggeluti bisnis karaoke. Mulai dari Rossa, Maia Estianty, Nunung, Melly Goeslaw, Syahrini, hingga Anang Hermansyah dan Ahmad Dhani.

Alih-alih menganggap mereka kompetitor yang harus dimusuhi, Inul malah berinisiatif menggalang mereka dengan mendirikan Asosiasi Pengusaha Rumah Bernyanyi Karaoke Indonesia (APERKI).

Posisi ketua umumnya ia percayakan pada Ahmad Dhani. "Misinya untuk menangani kendala-kendala di bisnis karaoke, kayak masalah hak cipta, royalti, dan lain-lain," terangnya.

Pelantun lagu Buaya Buntung yang sudah menghasilkan belasan album ini mengawali kariernya sebagai penyanyi kampung di Pasuruan pada pertengahan 90-an.

Ia tampil di acara-acara hajatan sunatan, pernikahan, hingga Agustusan. Honornya dari Rp1.750 sekali manggung, lalu meningkat menjadi Rp3.000, dan selanjutnya naik menjadi Rp25.000.

Meski sukses dalam karier, Inul tak pernah berubah. Dia tetap rendah hati dan ringan tangan. Setiap pulang kampung, dia selalu mengajak teman-teman sekampungnya tidur di rumahnya. Ia juga mendirikan pondok pesantren untuk yatim piatu dan dhuaffa dengan biaya pendidikan gratis.

Inul-grafi
Nama Lengkap Ainur Rokhimah Nama Populer Inul Daratista Lahir Pasuruan, 21 Januari 1979 Pendidikan Kelas 1 SMP Pekerjaan Penyanyi dangdut, pemilik tempat karaoke Inul Vista

Artikel ini dimuat pada majalah Men's Obsession edisi Juni 2008