Santi Mia Sipan: Srikandi Entrepreneur Indonesia

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Sosok satu ini berhasil melewati fase perjalanan hidupnya yang berliku hingga mencatatkan dirinya sebagai salah satu entrepreneur andal Indonesia. Sepak terjangnya di ranah entrepreneurship sudah mendapat pengakuan, baik di kancah nasional, regional, bahkan menyentuh level internasional.

Santi patut diacungi jempol lantaran dirinya menjadi satu-satunya wanita di negeri ini yang mampu menggeluti bisnis kayu jati, mulai dari hulu hingga hilir. Pada Desember 2011, ia diminta berbicara di forum World Bank tentang green entrepreneurship.

Di tahun sama Santi menjadi salah satu pemenang ASEAN Business Awards (ABA) 2011 yang diserahkan dalam rangka ASEAN Business Investment Summit 2011. Acara yang berlangsung di Bali itu diikuti 10 negara, dihadiri Presiden SBY dan Presiden AS Barack Obama.

Santi menjadi finalis ABA untuk kategori corporate social responsibility (CSR) dan menjadi pemenang dalam kategori innovation melalui PT Jaty Arthamas Rizky, perusahaan yang dikelolanya.

Perempuan yang mengagumi ibundanya sebagai motivator hidup, ini, dikenal ulet menggeluti beragam bisnis. Berbagai penghargaan prestise pun sudah dikoleksi. Antara lain, PGA Best Motivator of The Year 2005, Ernst & Young 2010 Class of Winner Women Entrepreneur of the Year, The Hottest Entrepreneur & The Best Star Company 2011 oleh Pusat Rekor Indonesia & Kementerian Kabinet Indonesia Bersatu.

Kesuksesan yang sudah ia nikmati tak membuat dirinya besar kepala. Malah, Santi mengajak sejumlah koleganya untuk terlibat aktif membangun lembaga entrepreneurship & leadership untuk remaja dari keluarga pra sejahtera dengan memberikan pelatihan intensif tentang kewirausahaan.

Menularkan virus positif mengenai entrepreneurship menjadi bagian hidupnya sehari-hari, baik di kebun, di rumah maupun di beragam aktivitas sosialnya di mana pun ia berada. Menurutnya, seorang entrepreneur bisa ikut ambil bagian dalam upaya mengubah wajah dunia agar menjadi lebih baik.

Ia pun akan dengan senang hati disebut sebagai socialpreneur. “Yang penting adalah bagaimana bisnis saya bisa menjadi duit dan memberikan manfaat untuk orang lain,” ucapnya diiringi senyum.

Santigrafi
Nama Lengkap Santi Mia Sipan Pekerjaan/Jabatan Presiden Direktur PT Jaty Arthamas Rizky Penghargaan PGA Best Motivator of The Year 2005, Ernst & Young 2010 Class of Winner Women Entrepreneur of the Year, The Hottest Entrepreneur & The Best Star Company 2011 oleh Pusat Rekor Indonesia & Kementerian Kabinet Indonesia Bersatu


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi Desember 2011