Riana : Yoga Is my Life

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Giatri Fachbrillian
Foto : Dok. MO

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, itulah pepatah lawas yang telah dilakoni oleh Riana Aryaputra Singgih. Sembari mendalami ilmu di bidang administrasi bisnis di University of San Fransisco, ia mengikuti kelas Yoga di bawah bimbingan BKS Iyanger. Ia pun tercatat sebagai pendiri Iyengar Yoga Center di Indonesia dan Singapura.

Saat lulus kuliah dan meraih title MBA dengan predikat Cumlaude (IP 3,9 skala 4.0), ia sempat bekerja di salah satu bank di Hongkong. Setelah berkeluarga, ia memilih fokus menjadi ibu rumah tangga sambil mengembangkan Yoga Iyengar di Tanah Air.

Kini, gelar MBA yang melekat di belakang namanya, seakan kalah pamor dibandingkan dengan kiprahnya sebagai Yoga Teacher. Ibu lima anak ini rutin setahun sekali mengupgrade Ilmu yoga ke negeri asalnya, India.

Pendiri dan Presiden Iyengar Yoga Centre Indonesia dan Iyengar Yoga Centre Singapore ini mengatakan tujuannya membidani bisnis yoga bukanlah untuk mencari keuntungan melainkan untuk membantu sesama manusia yang mengalami masalah. “Bisa mengurangi beban hidup seseorang. Yoga adalah magical karena bisa mengubah seorang menjadi lebih percaya diri. Disinilah letak kebahagiannya,” ujarnya.

Menghadapi kehidupan yang penuh dengan persaingan, Riana memegang lima aturan hidup dalam bermasyarakat. No violence (ahimsa) yang diterjemahkan olehnya tidak menyakiti rekanan, pegawai, keluarga, tetangga, dan hewan sekalipun.

Berikutnya, Vegetarian (no slaughter), truthfulness (setya) atau tidak mencuri, brahmacharya atau bisa mengendalikan nafsu seks, dan aparigraha berarti tanpa memandang rendah orang lain atau sederajat tanpa batas.

Apa yang diraih Riana di kehidupannya tak lepas dari peran sang guru BKS Iyanger yang juga telah menginspirasinya untuk menulis sebuah buku karena sang guru sudah menelurkan sebuah buku Light on Life.

Riana sadar umur manusia terbatas, tapi umur intelektual seseorang akan terus berlanjut jika buah pikirannya yang dituangkan dalam buku terus dibaca orang. “Buku tersebut bisa menjadi salah satu mata rantai evolusi yoga dari masa ke masa,” ungkapnya.

RianaGrafi

Nama Lengkap
Riana Aryaputra Singgih Lahir Jakarta, 30 Mei 1968 Pendidikan S1 Bachelor of Science in Business Administration University of san Francisco, California, AS, S2 Master in Business Administration di kampus sama Pekerjaan Pendiri & Presiden Iyengar Yoga Centre Indonesia & Iyengar Yoga Centre Singapore


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi November 2007