Puteri K. Wardhani : Penerus yang Merintis dari Bawah

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Sahrudi
Fotografer : Dok. MO/Alun Segoro

“Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, adalah pepatah yang tepat untuk menggambarkan keberadaan Puteri K. Wardhani. Talenta bisnis dan kepeduliannya terhadap warisan tradisional menitis dari sang ibunda tercinta, Bray Mooryati Soedibyo.

Selain itu, tauladan yang diperlihatkan kedua orangtuanya secara nyata adalah faktor yang menyemangati dan menumbuhkan kegigihan serta kemandiriannya. Sebuah modal terpenting bagi seorang entrepreneur. Tak heran kalau kemudian perempuan pekerja keras ini dipercaya untuk memegang tongkat estafet kepemimpinan di PT Mustika Ratu Tbk.

Cerdas dan familiar, begitulah kesan yang dapat ditangkap saat berbincang dengan Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk ini. Kehadirannya di pucuk pimpinan perusahaan jamu dan kosmetika nasional yang sudah mendunia itu, tidaklah serta merta. Ada proses dan perjalanan panjang yang telah ia lewati untuk jadi seperti sekarang ini. “Saya memulai karier dari bawah sekali,” katanya. Ia bercerita, kurang lebih 27 tahun lalu ia mengawali bekerja di Mustika Ratu adalah sebagai management trainee.

Perjalanan dan pengalaman yang ia tempuh, membuat kariernya terus meningkat. “Sebelum menerima jabatan sebagai Presiden Direktur, saya sudah menjadi CEO selama 8 tahun,” ia menambahkan. Satu obsesi yang ingin digapainya adalah menjadikan Mustika Ratu sebagai merek Indonesia yang disegani dunia.

Selama menduduki posisi CEO itulah, Mustika Ratu terus bertahan dan berkembang di dalam menghadapi persaingan yg semakin ketat di era globalisasi ini. Bahkan, Puteri bersama timnya berhasil menciptakan strategi agar produk Mustika Ratu tetap menjadi leader dan digandrungi di antara semakin banyaknya produk kecantikan yang datang dari luar negeri. Ia berhasil melahirkan jajaran produk untuk remaja puteri yang pertama di Indonesia.

Kesuksesan ibu dan anak inilah yang juga mengilhami sejumlah lembaga pemberi penghargaan internasional memberikan apresiasinya dengan memberikan berbagai award atas produk maupun keberhasilan manajemen perusahaan.

Puterigrafi

Nama Lengkap
Puteri Koeswisno Wardhani Pekerjaan Presiden Direktur PT Mustika Ratu, Tbk.