Nina Roselina : Kecintaan Sejati pada Indonesian Heritage

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Giatri Fachbrillian
Foto : Dok. MO

Bermula dari dua hobi, doyan belanja dan pergi ke salon. Pemahamannya tentang busana beserta trend mode teranyar, bersama dengan beberapa sahabatnya ia membidani sebuah butik, yang tak lama berselang diikuti dengan bisnis salon, My Choice Beauty & Spa. Kecintaannya pada warisan Nusantara ia wujudkan dengan melahirkan Nina Roselina Indonesia Heritage Collection.

Terlahir dari lingkungan pengusaha, dengan darah Yogjakarta yang kental, Nina Roselina yang kerap disapa Nina bercita-cita menjadi pengusaha sukses seperti kedua orangtuanya. Prinsip yang tertanam dalam dirinya adalah dapat menghidupi keluarga dan juga tempat untuk mencari nafkah bagi orang lain, itu pula yang memupuk keyakinannya dalam menatap masa depan. Tak peduli saat kecil, ia seringkali gagal dalam belajar apa pun. “Belajar naik sepeda, jatuh melulu. Belajar berenang, nelen air terus,” kenangnya sembari tergelak.

Bisnis salon yang ia rintis cepat dikenal dan banyak pelanggannya. “Saya dan teman-teman, mempromosikan dari mulut ke mulut. Kami menjaga penampilan kami, menata rambut kami dengan tren terbaru. Nah, kalau mau tampil gaya seperti kami, datanglah ke salon kami,” ungkap Nina memaparkan strateginya.

Bisnis butik dan salonnya, kemudian tergabung dalam naungan berlabel Puspita Jelita Indonesia. “Aku juga punya Martinizing, sebuah franchise Laundry,” imbuh wanita atraktif, ceria, dan selalu bersemangat itu.

Berangkat dari kecintaannya pada warisan Nusantara, terutama sejak pengakuan batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia, ia mendirikan Nina Roselina The Indonesian Heritage, yang kini menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu mengangkat nama dan budaya Indonesia lebih menggema di mancanegara, melalui karyanya yang diadupadankan dengan keindahan karya anak negeri Indonesia menjadi karya cipta yang etnik, elegan dan cantik.


Ninagrafi

Nama Lengkap
Nina Roselina Lahir Jakarta, 9 November 1970 Pekerjaan desainer dan owner Nina Roselina Indonesia Heritage Collection Organisasi Sekjen Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT), Bendahara Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jakarta Selatan Pendidikan Diploma PR Interstudi, Business Management Marketing Prasetya Mulya Business School.


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi Oktober-November 2006