Nicke Widyawati: Karier Mulus dengan Positive Thinking

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Semua jenjang karier ia mulai dari nol dan serba baru. Dengan kerja keras dan ketekunan, ia mampu melewati semua tahapan itu dengan mulus. Dunia industri dirambahnya hampir 21 tahun, dan mengantarkannya pada posisi penting di PT Rekayasa Industri sebagai Direktur Bisnis. Berkat kerja kerasnya, Nicke Widyawati kini dipercaya memimpin PT Mega Eltra dengan menjabat Direktur Utama. 

Ia mengawali kariernya di dunia perbankan. Saat masih kuliah di ITB, ia diterima bekerja di Bank Duta cabang Bandung pada 1988. "Kesempatan baik tidak datang 2 kali, jadi saya mengambil tawaran kerja sambil kuliah," ujarnya. Setelah kuliahnya rampung pada 1991, dunia perbankan dia tinggalkan dan beralih ke dunia konstruksi.

Nicke masuk ke PT Rekayasa Industri pada 1991, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa Engineering, Procurement, Construction (EPC). Awal masuk ia ditempatkan di Project Management sebagai Project Control Engineer. “Ini menarik buat saya. Dari dunia perbankan beralih ke dunia konstruksi,” ujarnya.

Di sini, Nicke lebih banyak bertugas di lapangan. Menggarap proyek PUSRI 1B di Palembang mengharuskannya tinggal di daerah itu selama 1,5 tahun. Selesai di Palembang, Nicke dipindah ke Lhokseumawe, Cilegon, dan Malaysia. Dengan makin beragamnya proyek yang dikerjakan, Nicke kemudian menyusun Sistim Manajemen Proyek Rekayasa (Simprosa) yang menjadi standar pengendalian proyek di perusahaan.

Setelah menikah dan bertugas kembali di Jakarta, perjalanan kariernya
terus menemukan hal-hal baru. “Perjalanan karier saya beragam dari Project Management, Corporate Management, Human Resources Management, Finance Management, dan sekarang Business Management. Sangat menantang karena harus selalu belajar hal-hal baru. Saya merasa telah menjalani jenjang karir yang komplit dari mulai masuk sampai saat ini,” terang Nicke.

Selalu melakukan yang terbaik dan selalu positive thinking, menjadi filosofi hidupnya. Dengan filosofi itu hasilnya bisa dilihat dengan mulusnya perjalanan karier Nicke.

Nicke-grafi
Nama Lengkap Nicke Widyawati Pendidikan Tehnik Industri ITB dan Master Hukum Bisnis Universitas Padjajaran Pekerjaan/Jabatan Direktur Utama PT Mega Eltra Prestasi Pemenang BUMN Anugerah Perempuan Indonesia 2013, Women’s Work of Female Grace 2013 Indonesia dari from Indonesia Asia Institute.


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi April 2012