Miryam S. Haryani: Dikenal Karena Kinerja

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Niatnya menjadi wakil rakyat, bukan karena ingin mendaptkan gaji yang besar dan fasilitas yang mewah. Karena kalau itu yang diinginkan, Miryam S. Haryani sudah bisa mendapatkannya tanpa harus duduk di parlemen.

“Nawaitu saya semata-mata untuk mengabdi, memaksimalkan apa yang bisa saya lakukan untuk rakyat khususnya kaum saya, kaum perempuan,” ia serius.

Menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bagi Miryam S. Haryani atau yang akrab disapa Yani, memang bukan cita-citanya. Maklum, lahir dari keluarga militer dan sibuk mengurusi beragam bisnis yang ditanganinya membuat ia tak terpikir untuk menjadi politisi.

Namun dalam perjalanannya kemudian, tatkala ia melihat banyak hal yang harus dibenahi di negeri ini, Yani merasa terpanggil untuk berkiprah di partai politik sebagai jembatan untuk memperjuangkan rakyat di parlemen.

Bersama Partai Hanura ia terpilih untuk menjadi wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Indramayu pada Pemilu 2009, dan kembali terpilih pada pemilu 2014.

Bagi Yani, cita-cita yang ideal bagi seorang wakil rakyat adalah ketika ia dikenal oleh rakyat karena kinerja dan perjuangannya untuk rakyat. Ia memandang masih banyak persoalan centang perenang yang harus diperbaiki. Misalnya,

ia menunjuk contoh pembuatan peraturan atau regulator yang bersifat jangka pendek yang hanya bisa digunakan hanya untuk beberapa tahun saja. Tidak komprehensif dan menjangkau jauh ke depan.

Putri pensiunan perwira TNI AD itu mengakui tak pernah menyesali sekalipun tenaga dan pikirannya banyak tersita untuk masyarakat. Bahkan, penghasilannya sebagai anggota DPR yang kurang lebih Rp56 juta itu hanya bisa ia bawa pulang sebesar Rp 7 juta.

Selebihnya habis terkuras untuk mengakomodasi keperluan para konstituen dan organisasi Srikandi Hanura yang dibinanya.

“Semua kembali untuk rakyat. Rugi? Tidak, saya tidak pernah berhitung untung rugi untuk itu,” tukasnya. Tapi satu yang ia syukuri, kebutuhan keluarganya sehari-hari sudah di-cover oleh sejumlah bidang usaha yang sukses ia rintis jauh sebelum duduk di ‘Senayan’.
 

Yani-grafi
Nama Lengkap Miryam S. Haryani, M.Si. Lahir Indramayu, 1 Desember 1973 Pendidikan S2. Ilmu Pemerintahan dan Politik Pekerjaan Anggota DPR RI 2009-2014, 20014-2019 (Partai  Hanura).


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi April 2012