Linda Widjaja : Perempuan di balik Bisnis Menyejukkan

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Sahrudi
Foto : Dok. MO

Dunia bisnis yang digeluti cukup lama memberikan pengalaman yang cukup bagi Linda Widjaja untuk menjalani kariernya di dunia bisnis kaca film bermerek V-KOOL dengan sukses. Kini, produk yang dikenal mampu menyejukkan ruang kabin mobil dan bangunan ini menjadi market leader di Indonesia.

Menyelesaikan pendidikan tinggi di National Taiwan University, Linda sempat bekerja di perusahaan leasing sebelum berhenti karena menikah pada 1987. Ia memilih membuka restoran bersama teman-teman sekolahnya selama enam tahun. Hingga akhirnya pada 1995, perusahaan Linda dan suami ditunjuk sebagai distributor kaca film V-KOOL di Indonesia. Sejak saat itu, bersama sang suami ia membesarkan PT.V-KOOL Indo Lestari hingga sekarang.

Terinspirasi dari sang kakek yang seorang pengusaha berhasil di Sumatera Utara, membuat Linda tak mudah menyerah dalam menjalani bisnis. “Saya ingat, karakter kakek saya itu ulet, jujur, penuh integritas, sifat-sifat inilah yang saya serap sejak saya kecil. Dan kakek kerap kali berkata : kejujuran (dalam dunia usaha) tidak dapat dibeli tapi harus didapatkan melalui usaha keras,” ia menuturkan.

Linda menganggap kejujuran melebihi kontrak, atau surat perjanjian bisnis paling hebat di dunia usaha. Itulah yang membuat ia berhasil membawa V-KOOL menjadi market leader di Indonesia. Sejauh ini, merk V-KOOL yang telah ada di Indonesia selama lebih dari 16 tahun, telah menjadi semacam 'nama generik' untuk kaca film. Dan hingga kini, V-KOOL cukup berhasil mengedukasi konsumen di Indonesia dalam hal mengetahui manfaat dan bagaimana memilih kaca film yang baik. Kerjasama dengan berbagai pihak semakin meluas. Perkembangan dealer V-KOOL di Indonesia pun sudah semakin merata di seluruh wilayah.

Linda-grafi

Nama Lengkap
Linda Widjaja Lahir Medan, 1965 Pendidikan National Taiwan University-Taiwan Pekerjaan Vice President PT.V-KOOL Indo Lestari Keluarga Eddie Salim, M.Sc (Suami), Michelle Angela Lin, Jacqueline Lin (anak) Hobi Membaca, travelling


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession edisi Februari 2012