Dian Siswarini : Perempuan pun Bisa

Oleh: Syulianita (Editor) - 14 March 2014
Naskah : Giatri Fachbrillian
Foto : Dok. MO

Perempuan ini menjadi salah satu kebanggaan Tanah Air lantaran diusianya yang terbilang muda, ia dipercaya memegang saham perusahaan PT Xl Axiata Tbk. sekaligus dipercaya menjabat Direktur Jaringan. Wanita cantik ini tercatat sebagai Chief Digital Service and Technology Officer (CTO) Asia pertama untuk kawasan Asia Tenggara. Sejak Februari 2013, ia dipercaya sebagai Digital Services Officer.

Dian Siswarini mengemban tanggung jawab besar di XL untuk melakukan pekerjaan yang selama ini dilakoni oleh kaum adam. Ia mengaku tak gentar jika ada yang meragukan kemampuannya, dan mampu beradaptasi dengan pekerjaan yang didominasi pria.

Ia mengemukakan bahwa selama ini persepsi yang telah terbentuk di masyarakat yang kebanyakan dari sudut pandang pria adalah wanita tidak mampu bekerja dalam pekerjaan yang didominasi pria. “Sehingga terkesan perempuan susah untuk menyesuaikan diri,” keluhnya.

Padahal, menurutnya, sama sekali tidak aneh jika wanita yang bekerja di dunia pria. Lebih lanjut ia memaparkan bahwa peran dan keberadaan perempuan tidak bisa dipandang remeh lantaran ikut menentukan kualitas bangsa karena perempuanlah yang mendidik anak agar berguna menjadi generasi penerus bangsa.

Selain itu, wanita masa kini pun bisa berkarier setinggi-tingginya, tidak perlu takut bersaing dengan pria. Dunia terus berkembang sehingga dikotomi pria dan wanita tidak perlu lagi dipermasalahkan. Perempuan punya potensi untuk maju dan sejajar dengan pria. “Dan wanita berhak untuk berprestasi dalam karier!” tegasnya.

Dian menjadi salah satu sosok sentral di balik sukses pengembangan jaringan XL. Di bawah kepemimpinan ibu tiga anak ini, XL juga terus menawarkan layanan digital yang inovatif.

Tak hanya sukses dalam berkarier, wanita yang hobi berolahraga, traveling, dan menonton film, ini, juga berhasil dalam mengurus rumah tangga. Baginya keluarga merupakan prioritas di hidupnya. Apalagi ia merasa keluarganya itu sangat mendukung kariersnya hingga seperti saat ini.

Dian-grafi

Nama Lengkap
Dian Siswarini Lahir Majalangka, 5 Mei 1968 Pendidikan ITB bidang telekomunikasi (1991) Pekerjaan /Jabatan Digital Services Officer PT XL Axiata Tbk Organisasi Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Selular Indonesia (ATSI) Penghargaan Lifetime Achievement in Telecommunication Industry pada Indonesia Cellular Awards (ICA) 2013


Artikel ini dimuat pada majalah Men’s Obsession edisi Juni 2010