Patricia Juanita: Business by Passion

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Dok. MO/Bambang Susapto

Wanita bernama lengkap Patricia Ferrari Juanita, ini, adalah seorang pengusaha desain interior dan furnitur. Selain itu, ia pun menggeluti bisnis lainnya di bidang kuliner/restoran. Profesinya itu tak membuatnya melupakan aktivitas lainnya yang juga sangat beperan dalam kehidupannya, yakni aktif dalam kegiatan sosial, menjadi seorang ibu dan isteri yang sangat mensupport kegiatan dan usaha sang suami. Tak mudah memang membagi waktu untuk seabrek aktivitas itu. Namun wanita yang akrab disapa Petty ini, mengaku sangat enjoy menjalaninya, sehingga semua terasa mudah baginya. 

Wanita cantik ini, sejatinya adalah seorang ibu rumah tangga. Ia mengaku sangat concern dalam membesarkan kedua puteranya. Keputusannya menggeluti bisnis pun ia ambil saat sang buah hati beranjak remaja dan telah mandiri. “Sewaktu anak-anak masih kecil, saya mengurusnya sendiri, nggak pake baby sitter. Kalau sekarang sudah waktunya mereka mandiri. Kegiatannya juga sudah banyak, mereka sudah sibuk dengan kegiatannya masing-masing,” tuturnya sembari menunjukkan foto kedua puteranya.

Meski begitu, Petty tetap memprioritaskan keluarga. Ia selalu mengupayakan hadir pada acara-acara tertentu yang melibatkan kedua puteranya. Misalnya, aktivitas putera pertamanya pada dunia musik, Petty tak pernah absen menghadiri performance puteranya itu. Begitu pun putera keduanya yang aktif pada dunia olahraga, sepakbola.

Petty sesungguhnya tidak pernah mengenyam pendidikan interior desain secara khusus. Semuanya ia tekuni lantaran passion-nya yang tinggi terhadap dunia fesyen, khususnya dalam bidang interior. Menurutnya, fesyen tidak hanya dari segi busana saja tapi juga melingkupi semua hal yang berhubungan dengan lifestyle. 

Ia memang sempat mengikuti kursus singkat mengenai interior, namun latar belakang pendidikan resminya di bidang keuangan. Ia berhasil menamatkannya hingga jenjang S2. Pilihannya mendalami ilmu ini merupakan saran sang ibunda, lantaran saat itu lulusan ilmu ini memang sangat dibutuhkan, dan prospek lulusannya pun sangat baik. “Saat itu ibu saya tidak yakin kalau desain interior bisa menjadi mata pencaharian. Sekarang saya malah hidup dari situ,” ujarnya sembari tertawa renyah.

Pettygrafi
Nama Lengkap Patricia Juanita Lahir Jakarta, 28 JuliTinggi/Berat 157/46 Profesi Pengusaha Pendidikan S1 Finance, Washington DC, USA, S2 Finance Manchester Business School, Inggris Hobi Membaca, Musik, Menonton, Bersosialisasi


*artikel ini dimuat pada Majalah Men's Obsession edisi 079, Juli 2010