Oleh: -
Naskah : Gabriel Bobby
Foto : Bambang S.

Sosok satu ini boleh jadi pas dengan ungkapan “di balik pria sukses, ada wanita hebat”. Tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto juga berkat peran besar yang dilakoni sang istri, Ny. Ani Soeryanto Soegoto.

Di kediamannya yang asri di Bandung, ia menikmati hidupnya sebagai seorang istri, ibu, dan seorang entrepreneur sekaligus. “Saya selalu berupaya menempatkan diri di mana saat saya harus menjadi istri rektor, ibu dari anak kami, dan menjadi entrepreneur dengan membangun butik saya,” urainya.

Sang suami adalah Rektor Universitas Komputer Indonesia (Unikom) yang sukses menjadi entrepreneur papan atas di negeri ini. Eddy mampu membangun Unikom menjadi perguruan tinggi terkenal di mata dunia. Ani mengakui selama ini tak putus-putusnya ia ikut mencurahkan perhatian dan memberikan dukungan penuh untuk suami tercinta dalam membangun Unikom.

Ia sendiri berhasil menjadi entrepreneur wanita dengan mengandalkan bisnis fesyen dan asesorisnya dengan sejumlah butik sepatu, baju casual, dan busana muslim. “Menjadi entrepreneur itu tentunya bermanfaat untuk orang lain karena saya bisa memberikan kesempatan untuk orang lain bekerja,” ucapnya dengan nada merendah.

Meski dilanda kesibukan, Ani masih menyiapkan banyak waktu luang untuk mengasuh putranya. Yang menarik, sang saya belum tahu jika sang ibu juga punya pekerjaan. Ia berpikir hanya ayahnya saja yang sibuk bekerja. “Mungkin dia berpikir ibunya selalu punya waktu untuknya,” ujarnya.

Ani emang tak harus selalu datang ke butiknya. “Sekarang zaman udah canggih. Jadi, saya menjalankan bisnis bisa lewat telepon, SMS, dan email. Jadi, saya tetap bisa ada di rumah bersama anak saya,” jelasnya.

Ani pernah bekerja di salah satu bank swasta nasional dan bank milik pemerintah. Ia memutuskan meninggalkan dunia perbankan ketika kariernya tengah menanjak, untuk memulai bisnis.

Ani menyimpan suatu obsesi besar yang kelak akan ia wujudkan, yakni membangun lembaga pendidikan untuk anak-anak, utamanya balita. “Saya ingin membangun lembaga pendidikan yang ada penguasaan bahasa Inggris, Mandarin, dan agama. Penting untuk mengarahkan ketiga hal tersebut untuk membentuk karakter seorang anak,” tegasnya.

Anigrafi

Nama Lengkap Ani Soeryanto Soegoto Lahir Bandung, 16 Mei 1964 Pendidikan S1 Psikologi Pendidikan IKIP Bandung Pekerjaan/Jabatan Pemilik Butik Keluarga Eddy Soeryanto Soegoto (suami), Roy Aryasatya Yuwono (anak)