Gerda Irene Ander, Pelobi Bisnis dan Budaya Indonesia-Chin

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 14 March 2014
Naskah : Andi Nursaiful Foto : Dok. MO

Perempuan yang jarang terpublikasi ini sesungguhnya memiliki peran besar dalam dunia bisnis, khususnya dalam mendatangkan investor-investor besar dari negeri China ke Tanah Air. Gerda aktif dalam organisasi Perhimpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa (PERPIT), dan Badan Kerja Sama Usaha Pengusaha, Kabupaten/Kota/Propinsi Indonesia-Tiongkok.

Kiprah internasional wanita berdarah Belanda-Manado ini dimulai ketika dipercaya oleh Chairman dari HANKUK Group, Korea, Mr. Song Jae Sun, sebagai assistant to President Director, merangkap Overseas Project Coordinator. Ia mengurus usaha dari grup tersebut di Korea Selatan. Di bidang steel construction and civil engineering, ia membantu grup ini melakukan lobi-lobi tingkat internasional.

Awalnya, Gerda menggeluti dunia entertainment dan memulai dari daerah Kalimantan Timur serta berbagai daerah lainnya di Tanah Air. Ia lantas mendirikan sebuah Event Organizer (EO) bernama Gerda Bhaskara Production (GPB) yang kemudian cukup diperhitungkan untuk event-event besar.

Misalnya, pernah ditunjuk oleh Depsos sebagai pelaksana acara Charity Night bersama aktor kondang Jacky Chen. Ia juga menggarap pertunjukan sejumlah artis kenamaan Indonesia dan Asia dalam berbagai acara penting di sejumlah daerah. Ia juga pernah dipercaya sebagai EO acara ulang tahun Partai Demokrat yang dihadiri Presiden SBY.

Berkat kiprah dan wawasannya yang cukup luas, Gerda juga dipercaya oleh Badan Kerja Sama Usaha Pengusaha Kabupaten/Kota/Propinsi Indonesia-Tiongkok sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri.

“Saya merasa ini suatu amanah luar biasa, saya terpanggil untuk membantu daerah-daerah agar cepat membangun dan menarik para investor, khususnya dari China. Sebetulnya banyak yang bisa ditawarkan dari berbagai daerah. Hanya saja mereka kurang memahami packaging-nya agar investor China tertarik,” tuturnya.

Menurutnya, yang menjadi hambatan selama ini bukan di sisi investor dari negara tirai bambu itu, melainkan rumitnya birokrasi pemerintahan daerah dan DPRD, “Ini yang kerap menjadi kendala utama, padahal badan ini sudah berkomitmen membantu mempromosikan potensi daerah masing-masing,” pungkasnya.

Gerdagrafi:

Nama Lengkap Gerda Irene Ander Pekerjaan/Jabatan Pelobi Internasional, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri, Badan Kerja Usaha Pengusaha Kabupaten/Kota/Propinsi Indonesia-Tiongkok Aktivitas Mantan Pembalap drag race Keluarga Jimmy Roy Ander PhD.MSc dan Loury Jeane Manoppo (orang tua), Jennifer Tania (putri).


Artikel ini dimuat pada majalah Men’s Obsession edisi November 2005, dan Juni 2010