Nita Yudi: Aktivis nan Modis

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Beberapa orang memang dikarunai banyak bakat. Sosok Dyah Anita Prihapsari atau sering akrab disapa Nita Yudi, salah satunya. Posisi sebagai ketua IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) adalah bukti kepiawaiannya sebagai pengusaha sekaligus organisatoris ulung. Selain itu ia juga sukses memerankan dirinya sebagai pimpinan komunitas sosial, dosen, dan ibu rumah tangga.

Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga, itulah peribahasa yang menggambarkan sosok Nita Yudi. Kiprahnya sebagai pengusaha diwarisi dari ibunya.

Keterampilan sang ibu dalam memasak, menjahit, berdandan, hingga berbisnis salon, ditularkan kepadanya. Tak heran apabila sejak remaja telah tumbuh jiwa entrepreneurship dalam dirinya.

Pengalaman membantu kerja sang ibu kian memperluas wawasan wanita mungil nan cantik ini untuk tumbuh menjadi remaja dengan naluri bisnis yang tinggi.

Ketika kuliah di Jurusan Landscape Arsitektur Trisakti, bersama beberapa rekan studinya, ia mencoba menggarap taman di sejumlah perumahan.

Sempat membuka perusahaan jasa konsultan dan kontraktor bernama PT Arsipta Garis Persada bersama sang suami Yudi Yulius, kemudian ia kembali menimba ilmu marketing Management di Oklahoma, AS.

Kemampuan berkomunikasinya sempat ia terapkan saat kembali ke Tanah Air dengan mengajar S2 di Universitas Persada Indonesia, kampus di mana sang suami kini menjadi rektor.

Bergabung di organisasi Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) pada 1996, pada 2004 silam ia dipercaya menjadi ketua umum.

Ia begitu yakin persoalan rokok yang sudah membudidaya bisa teratasi jika ada kesadaran yang benar dari masyarakat.

Kesibukannya sebagai pimpinan organisasi besar, sembari menjalankan bisnisnya, tidak akan berjalan mulus, tanpa dukungan dari suami juga kedua anaknya.

Wanita yang selalu tampil modis, ini, menegaskan, izin suami dan selalu mengomunikasikan ke putri-putrinya adalah kunci suksesnya dalam menjalankan usaha, organisasi, dan sebagai seorang ibu rumah tangga.

Nitagrafi
Nama Lengkap Dyah Anita Prihapsari Lahir Jakarta, 22 Juni 1964 Pekerjaan Pimpinan sejumlah perusahaan Organisasi Ketua IWAPI dan WITT Pendidikan Arsitektur Lansekap & Lingkungan Universitas Trisakti, Magister of Business Administration, Oklahoma City University, AS Keluarga Yudi Yulius (suami), Dita Atikah Yudi (anak), Dini Meilina Yudi (anak)


Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi Januari 2007