Merry Pramono: Woman Behind The Veil

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 13 March 2014
Naskah : Sahrudi Foto : Bambang. S

Banyak hal dalam hidup yang bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk bangkit dan maju. Hanya kebetulan saja kalau kemudian Merry Pramono mendapatkan inspirasi emas itu tatkala ia menunaikan ibadah haji. Inspirasi yang kemudian ia wujudkan hingga akhirnya mengantarkannya menjadi seorang desainer pakaian muslimah papan atas yang telah mengorbitkan merek Si.Se.Sa.

Tahun 1995, menjadi tahun paling penuh makna bagi Merry. Di tahun itu desakan yang begitu menggebu di dalam hatinya untuk menunaikan ibadah haji benar-benar dirasakannya.

Usai melepas doa penuh keharuan di hadapan Kakbah, ia melihat begitu banyak perempuan cantik dengan tubuh berbalut kain ihram, tertutup auratnya. Saat itu juga, seperti ada kekuatan yang menyadarkannya bahwa busana muslimah hanyalah menutup aurat, tapi sama sekali tidak menutupi kecantikan paras para pemakainya. “Saya pun berjanji untuk menutup aurat,” kenangnya.

Janji itu tak hanya ditepati untuk dirinya. Bintang iklan Shar-e Bank Muamalat, ini, pun mencoba menularkannya kepada orang lain. Kebetulan, sebelumnya ia sudah dikenal sejumlah kalangan sebagai perancang mode busana kaum hawa.

Ia mulai memproklamirkan diri sebagai perancang busana yang menutup aurat. Promosi awalnya, ia cukup mengenakan pakaian rancangannya sendiri untuk mengunjungi pengajian atau kegiatan sosial lain di lingkungan komplek perumahannya saat masih di Kemang Pratama, Bekasi. “Alhamdulillah, ketika itu banyak yang tertarik dan minta dibuatkan,” ucapnya.

Lambat laun, gaun muslimah rancangannya menjadi busana favorit perempuan dari beragam kalangan. Mulai dari isteri menteri, ibu-ibu pejabat, wanita karier, hingga selebriti, banyak yang mempercayakan desain busananya kepada Merry.

Tuntutan untuk menampilkan kreasi terbaru pun menjadi tantangan tersendiri bagi anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), ini. Namun baginya itu bukanlah masalah besar. Tangan dinginnya berhasil mengreasikan beragam jenis busana muslimah yang berkelas. Namanya pun semakin berkibar. Permintaan dari dalam dan luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Dubai terus berdatangan saban bulan.

Merrygrafi
Nama lengkap Merry Pramono Lahir Surabaya, 21 Desember Pendidikan Bunka School of Fashion, Esmod Fashion Design Pekerjaan Pengusaha, desainer busana muslim Organisasi Anggota Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia

*Artikel ini dimuat pada Majalah Men’s Obsession Edisi September 2007