Oleh: -
Tak hanya berparas cantik dan bertubuh tinggi semampai, ia juga memiliki kemampuan di bidang jurnalistik yang mumpuni. Itulah sosok yang menggambarkan Andini W. Effendi. Kini, jurnalis yang selalu berpenampilan modis ini bekerja sebagai reporter sekaligus News Anchor di Metro TV.

“Bintangku Sagitarius. Orang Sagitarius itu menomorsatukan penampilan,” ungkap puti dari mantan anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Agusman Effendi ini.

Kariernya sebagai jurnalis dimulai di Global TV pada Juni 2005. Kala itu, ia meliput berita politik, hukum, dan human interest. Juga menjadi presenter berita sore dan berita kriminal.

Setahun berselang, ia pindah ke ANTV, menjadi jurnalis dan presenter berita. Di ANTV ia hanya bekerja setahun, hingga akhirnya ia berlabuh di Metro TV.

“Teman-teman mengatakan saya ini kutu loncat yang loncatannya indah. Saya kutu loncat yang sudah ketemu sarang yang tepat, ha ha ha!” ia berseloroh.

Dalam bekerja, Andini berusaha seoptimal mungkin menghasilkan yang terbaik. Ia ingin menjadi bagian dari sejarah peristiwa yang diliputnya. Mulai dari perang sipil Thailand (2009), Inagurasi Obama (2012), laporan bom Boston (2013), hingga konflik di Libia (2013).

Menjadi jurnalis yang kerap meliput di daerah konflik, tak membuatnya gentar. Baginya,  banyak pengalaman menarik yang ditemukan. Salah satu yang paling berkesan adalah saat meliput perang Libya.

"Pernah ketika saya sedang mewawancarai salah satu pihak pemerintah, saya minta izin lima menit untuk melaporkan secara live sebuah bom yang tengah meledak. Padahal kalau dipikirkan sekarang, itu sangat berbahaya," kenangnya sambil tertawa.

Memasuki dunia jurnalistik memang menjadi cita-cita Andini sejak SMA. Jebolan Master Hubungan Internasional New York University itu mengaku, reporter CNN Paula Zan menjadi inspirasi terbesarnya untuk menekuni dunia jurnalistik.

"Ketika SMA, saya lihat reporter CNN Paula Zan di TV sedang melaporkan berita. Saat itu saya langsung bercita-cita ingin jadi seperti dia," ujar wanita yang pernah menjadi model dan juara I lomba busana nasional tahun 2000.

Andini-grafi
Nama Lengkap Andini W. Effendi Lahir Jakarta, 12 Desember 1982 Pekerjaan Jurnalis Pendidikan S1 Komunikasi Massa UPH Jakarta, S2 Manajemen Media UI Kursus Kursus menulis di AMIEF, Jakarta, kursus jurnalistik di New York University, AS Hobi menyelam, membaca, berenang


Artikel ini di muat pada Majalah Men’s Obsession Edisi Desember 2007