Indri Dunda: Peduli Rakyat Kecil

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Dok. MO
*artikel ini dimuat pada edisi September 2011

Pilihan hidupnya menjadi seorang pengusaha, tak lain karena kepeduliannya pada kesejahteraan masyarakat kecil di sekitarnya. Awalnya, wanita anggun ini adalah seorang wanita karier, kemudian ia memberanikan diri menjadi pengusaha ketika melihat begitu banyaknya pengangguran di negeri ini. Tekadnya hanya satu, yakni membantu mengurangi pengangguran, serta berbuat sesuatu untuk kesejahteraan masyarakat kecil.

“Tujuanku menjadi seorang pengusaha adalah lebih kepada kesejahteraan mereka, bukan untuk diriku sendiri. Kalau untuk aku sendiri, aku sudah merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang sudah aku dapat sampai sekarang ini,” ia berkata tulus.

Indri mengaku ada rasa kepuasan tersendiri ketika bisa membantu sesama. Betapa bahagianya ketika ia melihat karyawannya bisa bekerja dengan tersenyum ikhlas. “Suatu kebahagiaan buatku dengan melihat mereka bisa lebih sejahtera,” ungkapnya haru.

Ya, wanita bernama lengkap Indriani Dunda, ini, sejatinya memang memiliki hati yang mulia. Perhatian dan kepeduliannya pada masyarakat kecil juga sangat tulus. Lantas apa yang membuatnya bisa memiliki kepedulian begitu tinggi kepada mereka? Semua didasari oleh prinsip bahwa hidup memang harus berbagi. Ia percaya, semua akan diganti berlipat ganda oleh Yang Maha Kuasa.

Terbukti, usaha yang dijalaninya kian berkembang pesat. Kini ia memiliki tiga usaha di bidang berbeda, juga di bawah payung yang berbeda. Bisnis awalnya, yang bergerak di bidang properti, berada di bawah PT Anperata Perkasa, dijalaninya sejak enam tahun lalu.

Bisnis yang kedua bergerak di bidang kuliner, yaitu usaha rumah makan Selera Nusantara yang bernaung di bawah PT Selera Nusantara, dijalaninya sejak lima tahun lalu. Dan yang terakhir adalah usaha yang bergerak di bidang pengadaan alat kesehatan yang berada di bawah payung PT Nurindo Abadi, yang baru dijalaninya sejak dua tahun lalu.

Di antara ketiga usahanya, Indri lebih concern mengurus usahanya di bidang kuliner, yakni rumah makan Selera Nusantara yang berada di kawasan berikat nusantara. Usaha rumah makannya itu kini berkembang pesat, berawal dari satu rumah makan, kemudian terus dikembangkan, dan akhirnya berdiri tiga buah rumah makan Selera Nusantara di kawasan itu.

Di tengah persaingan lebih kurang 40 rumah makan lainnya yang berada di kawasan tersebut, RM Selera Nusantara bisa dikatakan selalu ramai. Hal itu lantaran Indri selalu mengutamakan kualitas gizi dan kesehatan masakan, meski harga terjangkau, sesuai dengan pendapatan para buruh di kawasan itu. “Buat aku yang penting meski harga murah, terjangkau tapi makanannya sehat dan bergizi untuk mereka,” tegasnya.