Tiya Karamasu: Sukses dengan Positive Minds

Oleh: Syulianita (Editor) - 13 March 2014
Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto
*artikel ini dimuat pada edisi 123, April 2014

Sejak remaja ia sudah aktif dengan banyak kegiatan. Meraih cita-cita di bidang modeling, adalah obsesinya. Prestasi demi prestasi pun berhasil dicapai, mulai dari Top Model Jawa Timur hingga nominasi finalis Putri Indonesia perwakilan Jawa Timur.

Dalam perjalanan waktu, naluri bisnisnya berjalan. Kemampuannya di dunia model dimanfaatkannya dengan membuka sekolah modeling terbesar di Surabaya, Nik’s Karamasu International Talent School.


Tiya memang selalu berambisi mengejar apa yang menjadi mimpi, obsesi dan tujuan-tujuan hidupnya. Menurutnya, dalam hidup ini, kita sebagai manusia harus terus mengasah kemampuan dan terus meningkatkan kualitas diri. “Kita harus punya tujuan hidup, harus punya goal, dan harus punya mimpi. Itu yang harus kita setting. Dari semua itu, tinggal bagaimana kita meraihnya untuk meningkatkan kualitas hidup kita,” ceritanya ketika ditemui di Surabaya beberapa waktu lalu.

Ia pun menceritakan pengalaman berharga dalam perjalanan karier dan bisnisnya selama ini, yakni bagaimana menciptakan mental seorang pengusaha dalam berbisnis. Terlebih ia mengaku bahwa mempertahankan sebuah bisnis justru lebih berat dari memulai. Untuk itu, ia selalu menanamkan mental positif dan pikiran-pikiran positif dalam menjalani hidupnya selama ini.

“Intinya positive minds untuk meng-create positive attitudes. Itu yang selalu saya tanamkan, baik dalam lingkungan bisnis, kegiatan sosial dan lingkungan organisasi. Saya yakin dari filosofi ini, suatu saat saya akan menuai sesuatu yang luar biasa,” ujarnya optimis. Tiya pun mengibaratkan bahwa kalbu atau jiwa seseorang juga membutuhkan asupan nutrisi, layaknya nutrisi makanan untuk tubuh, dan positive minds itulah yang menjadi sumber nutrisi jiwa tersebut.