Meet the Mobcin

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 24 March 2014
Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber  Foto : Dok. MO/Istimewa

China menjadi pasar otomotif terbesar dunia saat ini. Tak ingin hanya menjadi pasar bagi manufaktur asing, pabrikan otomotif China berlomba mengembangkan mobil-mobil modern yang mampu memuaskan pasar domestik. 

Soal kualitas, mobcin (mobil cina) memang masih kalah, tapi tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, sangat patut diwaspadai oleh pabrikan Eropa dan Amerika, serta raksasa Asia seperti Jepang dan Korea. Satu hal yang tak bisa lepas, tak sedikit dari model mobcin yang terkesan meniru.


China memang tak memiliki sejarah panjang hingga seabad lebih dalam hal industri otomotif seperti di negara Eropa dan Amerika Utara. Sesungguhnya, industri otomotif China berevolusi dari sekadar gerobak yang ditenagai mesin pemotong rumput.

Namun semenjak Negeri Tirai Bambu itu membuka diri, tak perlu waktu panjang bagi mereka untuk tampil sebagai kekuatan ekonomi raksasa dunia. Kini, industri otomotif China seolah berlari kencang untuk menyusul ketertinggalan mereka. Di bawah ini adalah sejumlah model-model mobil modern buatan China yang cukup menarik.