Olahraga di Malam Hari, Kenapa Tidak?

Oleh: Rapiudin (Editor) - 17 December 2013
Naskah : A. Rapiudin/berbagai sumber
Foto : Dok. MO

Aktivitas olahraga biasanya dilakukan di pagi hari. Pilihan waktu ini, selain udaranya relatif lebih segar dan bersih, tubuh juga lebih bugar karena baru bangun tidur. Tetapi, belakangan ini banyak orang justru melakukan aktivitas olahraga tak hanya di pagi hari, tetapi di malam hari.

Idealnya olahraga memang dilakukan di pagi hari. Tetapi, nyatanya tidak semua orang sanggup meluangkan waktunya untuk berolahraga di pagi hari lantaran sibuk dengan pekerjaan. Tak ada pilihan, malam hari pun menjadi solusi bagi mereka yang tetap menginginkan olah tubuh tetap bisa dilakukan meski tidak harus di pagi hari.

Yang perlu Anda perhatikan jika memilih melakukan olahraga di malam hari adalah jangan sampai aktivitas fisik tersebut justru mengganggu jam biologis tubuh Anda. Kalau ini yang terjadi bukan tubuh sehat yang Anda dapatkan, tetapi justru sebaliknya, kesehatan Anda bisa terganggu.

Meski banyak orang berolahraga di malam hari, namun pilihan waktu ini tetap saja masih menimbulkan pro kontra di masyarakat. Yang pro olahraga malam berpendapat bahwa aktivitas fisik tersebut sebagai cara yang bagus untuk melepaskan energi usai bekerja sepanjang hari di tempat kerja.

Lantas, kapan waktu yang baik untuk berolahraga di malam hari? Penulis buku ‘The Book of Times’ Lesley Alderman menyebut, waktu terbaik berolahraga di malam hari adalah pukul 18.00 dan pukul 20.00 saat suhu tubuh Anda berada di puncaknya dimana otot tubuh Anda lebih fleksibel.

Bagi mereka yang tidak setuju alias kontra dengan pilihan olahraga di malam hari menyebut ...