Parade Mobil-mobil 'Masa Dekat'

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 21 November 2013
Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber Foto : Dok. MO

Perhelatan akbar Tokyo Motor Show kembali digelar. Salah satu pameran otomotif terbesar dunia yang berlangsung 23 November – 1 Desember 2013, ini, lebih tampak seperti perang mobil konsep antarpabrikan otomotif. Mereka berlomba mamajang kendaraan-kendaraan berteknologi mutakhir yang sesungguhnya bukan untuk masa depan, tetapi ‘masa dekat.’

Selama beberapa dekade terakhir, pabrikan otomotif Jepang memang paling getol memperkenalkan mobil-mobil inovatif yang dirancang sebagai moda transportasi masa mendatang.

Kendaraan-kendaraan ini umumnya menerapkan teknologi yang diyakini akan dibutuhkan manusia di masa depan. Mulai dari teknologi yang dapat menyatukan ikatan antara manusia dengan kendaraan, fitur yang sanggup membaca emosi dan ekpresi wajah, penggunaan bahan bakar non-fosil, hingga kepraktisan dan kenyamanan maksimal bagi pengemudi.

Di bawah ini sekilas mobil dan kendaraan konsep yang memukau pengunjung Tokyo Motor Show 2013:

Toyota
  • FCV Concept
FCV (fuel cell vehicle) Concept adalah mobil listrik empat tempat duduk yang mampu berjalan hingga 500 km tanpa pengisian ulang baterai. Mengisi baterai hanya butuh waktu tiga menit, berkat tumpukan sel baterai ringan dengan tanki hidrogen bertekanan tinggi.





  • JPN Taxi Concept
Direncanakan sebagai menjadi armada taksi masa depan di Jepang, untuk menggantikan armada taksi Toyota Crown yang dipakai saat ini. Mobil ini berbahan bakar LPG ini sepenuhnya dirancang khusus sebagai taksi, termasuk indikator khusus untuk pengemudi, monitor besar penunjuk rute jalan, tarif perjalanan, sentuhan futuristik dengan pintu geser elektrik yang lebar dan tinggi untuk memudahkan penumpang penyandang cacat dan lanjut usia.

  • Fun Vehicle 2
Toyota FV2 merupakan Toyota Fun V generasi kedua. Sanggup membaca emosi dan ekpresi wajah, kendaraan listrik roda tiga satu kursi ini bisa mengenali suara serta suasana hati pengemudi. Misalnya, kaca depan akan berubah warna seiring suasana hati pengemudi. Layar kaca depan bisa berfungsi sebagai pusat informasi kondisi lalulintas. Desainya merupakan kombinasi skuter tiga roda dengan Segway sehingga dapat dijalankan dalam posisi berdiri.


  • i-Road
Mobil listrik roda tiga ini ditujukan untuk bermanuver selincah sepeda motor untuk membelah kemacetan lalu lintas. Mesin 2 kW dan baterai lithium-ion menjadi sumber tenaganya. Setelah isi baterai selama 3 jam, i-Road mampu melaju 45 km/jam dengan jarak tempuh 48,2 km.







Honda
  • S660
Mobil sport dua kursi ini hanya bermesin silinder 660 cc, namun mampu melaju cepat karena bobotnya superringan. Direncanakan sebagai basis mobil sport mini untuk 2014.





  • Vezel
Low SUV pertama Honda ini dinamakan Honda Vezel, dan merupakan Urban SUV Concept. Bermesin hibrid dan roda penggerak 4WD dan 2WD, diklaim melampaui batas tingkatan sebuah mobil pada umumnya. Honda Vezel mempunyai konsep penggabungan nilai-nilai yang beragam seperti kualitas dinamis sebuah SUV, kemewahan sebuah Coupe, serta fungsionalitas sebuah Minivan. Ditawarkan dua varian, model hybrid (Sport Hybrid i-DCD 1.5 liter) dan mesin bensin 1.5 liter i-VTEC.

  • N-WGN
Ini adalah pengembangan dari Honda N-Box, dan model kedua dari total enam model yang disiapkan Honda hingga tahun 2015. Seperti mobil-mobil 'Kei Car' Honda lainnya, N-WGN hadir dengan konsep Man Maximum Machine Minimum, yang berarti kecil namun memuat banyak orang dengan nyaman,  serta mesin kecil yang lebih ramah lingkungan.




  • MC-Beta
Kendaraan listrik kompak dua penumpang dan bisa disetel untuk memuat dua anak di bangku belakang. Cocok untuk mengantar anak ke sekolah. Ditenagai motor listrik 15 KW dengan baterai lithium-ion untuk menempuh jarak 60 km pada kecepatran maksimal 80 kph.






Nissan
  • BladeGlider
Mobil dengan desain futuristik ini menggunakan dua motor listrik di dalam roda belakang, sehingga tidak mengganggu kelapangan kabin penumpang. Meski mungil. BladeGlider mampu mengangkut tiga penumpang. Ini adalah pengembangan dari konsep 'mengendarai' ke konsep 'meluncur' dengan kelincahan luar biasa dan efisiensi tinggi khas mobil listrik serta styling bak sayap-membentang (swept-wing) yang radikal.



  • DayzRoox
Station wagon supertinggi ini menampilkan eksterior dinamis dan sensasi lapang dengan desain interior premium. Ada Around View Monitor, sliding doors otomatis dan fitur-fitur kenyamanan lainnya untuk mendukung aktivitas berkendara sehari-hari. Kaca windshield hijau mampu meredam 99% sinar UV, serta sejumlah teknologi baru bertenaga baterai .




  • LEAF Aero Style
Mobil konsep yang menawarkan performa mobil 100%  listrik dalam wujud baru yang stylish dan sporty. Model ini adalah modifikasi dari Nissan LEAF, mobil 100% listrik paling populer di dunia dan akan diluncurkan di Jepang Desember ini.





  • e-NV200
Mobil van 100% berdaya listrik ini menjadi mobil listrik global kedua Nissan. Mengandalkan kabin lapang dan potensi aplikasi yang fleksibel, dan diluncurkan di Jepang pada 2014.





  • Idx Freeflow dan Nismo
IDx Freeflow fokus pada aspek gaya hidup generasi 1990-an, sementara IDx Nismo tampil sporty untuk penggemar kecepatan. Freeflow mampu membawa 4 penumpang dengan desain modern dan agresif berkat floating roof.







Daihatsu
  • Kopen
Mobil kecil tanpa atap ini menawarkan kesenangan berkendara. Ada dua tipe, Rmz dan Xmz atau tipe crossover, dengan tampilan lebih berjiwa adventure.
  • Deca-Deca
Dengan konsep superspace, mobil ini mewujudkan mobil kecil yang cerdas dalam mengatur kabin sehingga memiliki ruang bagian dalam yang cukup lega.
  • FC Deco Deck
Yang ini mencoba mewujudkan kendaraan zero emisi dengan mesin listrik.






Mitsubishi
  • GC-PHEV
Disebut juga Grand Cruise, diklaim sebagai SUV full-size di masa depan dengan penggerak 4WD full time, transmisi otomatis 8 percepatan. Menggunakan sistem plug-in hybrid (mesin 3.000 cc V6 supercharged MIVEC dan motor listrik) serta beberapa sistem keselamatan terbaru berbasis teknologi e-Assist.

  • XR-PHEV
SUV yang didesain untuk memenuhi kebutuhan kenikmatan mengemudi di level lebih tinggi. Menggunakan teknologi plug-in hybrid EV (PHEV) system dengan mesin 1.100 cc direct-injection turbocharged MIVEC engine.
  • AR
MPV Concept AR (Active Runabout) lebih menjanjikan mobilitas dan kepraktisan sebuah SUV. Bermesin 1.100 cc turbocharged dengan motor listrik plug-in hybrid.


Suzuki
  • Crosshiker
Merupakan crossover kompak dengan bobot hanya 810 kilogram. Menggunakan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc, dengan keseimbangan antara tenaga dan ramah lingkungan.





  • X-Lander
Sebuah mobil hybrid berpenggerak empat roda dan dirancang untuk penggunaan di jalanan kota dan offroad ringan. Mesinnya 1.300cc dengan rancangan transmisi terbaru dan didukung motor listrik.





  • Hustler dan Hustler Coupe
Dirancang untuk segmen pengguna yang menyukai olahraga dan kegiatan outdoor, mendapatkan sentuhan ala SUV. Ada versi coupe yang dirancang lebih bergaya tetapi tetap memiliki interior lapang, nyaman, dan berguna. Dilengkapi sistem penggerak seluruh roda (4WD) terbaru milik Suzuki, AllGrip.





Volkswagen
  • XL-1
Diklaim sebagai mobil paling irit di dunia, mobil hibrida ini mampu meluncur kurang lebih 110 km hanya dengan konsumsi 0,9 liter saja, atau sekitar 133 km/liter.








  • Twin Up
Meski bukan model baru, tapi teknologinya mengadopsi teknologi hibrida diesel. Juga diklaim sangat irit karena hanya mengkonsumsi 1,1 liter bensin untuk 100 km atau 90,9 km/liter. Menggabungkan mesin diesel dua silinder 800 cc dengan motor listrik yang dipadukan dengan transmisi 7 percepatan.