Sehat Lahir Batin dengan Sexercise

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 04 November 2013
Naskah: Andi Nursaiful   Foto: Dok. MO

Jika Anda terlalu sibuk untuk menyempatkan waktu membakar kalori dengan berolah raga, maka sebaiknya jangan khawatir. Sebab, studi terbaru menyebutkan, aktivitas seks mampu membakar antara 3,1 - 4,2 kalori dalam satu menit saja. Dengan kata lain, dalam hal bakar membakar kalori, seks lebih baik dari berjalan kaki.

Sebuah studi yang dilansir oleh Jurnal PLOS ONE akhir OKtober lalu, menyebutkan, pada pasangan usia muda, aktivitas seks dengan intensitas sedang, mampu membakar 4,2 kalori per menit untuk laki-laki, dan 3,1 kalori per menit untuk wanita. Meskipun tidak seefektif jogging, seks ternyata lebih mampu membakar kalori ketimbang berjalan kaki. "HAsil studi ini menunjukkan bahwa kelak, aktivitas seks bisa dipertimbangkan sebagai salah satu bentuk olahraga," begitu kesimpulan laporan tersebut.

Topik tentang seks sebagai olahraga memang sudah sejak lama diperdebatkan. Sebuah mitos yang sangat populer menyebutkan bahwa aktivitas seks bahkan mampu membakar 100-300 kalori, meskipun belum ada yang melakukan uji ilmiah mengenai hal itu. HIngga akhirnya peneliti seks William Masters dan Virginia Johnson melakukan penelitian.

Ia mengumpulkan sejumlah pasangan sukarela untuk melakukan aktivitas seks untuk kepentingan ilmiah. Mereka mengamati bahwa selama aktivitas seksual, detak jantung mencapai ...