PT Kaltim Prima Coal (KPC) Terangi Warga dengan Listrik Masuk Desa

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 01 June 2013
Naskah: KPC, Foto: Dok. KPC

Kekurangan daya listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), merupakan salah satu masalah utama di wilayah pedalaman Indonesia, termasuk di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Di Kabupaten yang baru berumur 14 tahun itu, listrik PLN baru menjangkau wilayah perkotaan. Itu pun tidak seluruh warga kota mendapat layanan listrik dan masih banyak rumah yang belum tersambung listrik dari PLN.


Menyadari listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat, PT Kaltim Prima Coal (KPC), sebuah perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Sangatta dan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, turut berperan menyediakan daya listrik bagi warga masyarakat sekitar perusahaan.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC Husein Akma mengatakan, hal itu merupakan salah satu dukungan perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar perusahaan. “Kami (KPC, red) menyadari, listrik sangat bermanfaat dan telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.Jadi, kepedulian akan kebutuhan ini kami wujudkan dengan turut menyediakan daya listrik bagi peningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Husein, Kamis (28/5).

Husein mengurai, dukungan ketersediaan listrik untuk masyarakat, tersebar di sejumlah tempat, antara lain, Kecamatan Bengalon, Kecamatan Rantau Pulung dan Kota Sangatta. Tiga wilayah ini merupakan wilayah terdekat KPC di Kabupaten Kutai Timur. Bentuk programnya berupa pengadaan genset, pemasangan dan pendampingan manajemen pengelolaan listrik di setiap wilayah.